Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

HEALTHTRENDING

Ada 9 Tips Mengecilkan Perut Buncit Yang Sangat Ampuh

Lemak perut (lemak visceral) termasuk salah satu penyebab perut buncit. Selain menurunkan percaya diri, perut buncit menimbulkan rasa tidak nyaman pada penampilan.

Perut buncit merupakan suatu keadaan di mana lingkar perut pada pria melebihi 102 cm dan 88 cm pada wanita. Langkah mengecilkan perut buncit sendiri diantaranya mengonsumsi makanan dengan serat tinggi serta berpuasa.

Perut buncit sendiri merupakan permasalahan kesehatan yang kerap dialami oleh banyak orang. Untuk Mengecilkan perut buncit tak hanya sekadar untuk penampilan, tetapi juga agar tubuhmu menjadi lebih sehat.

Nah, ada tips yang bisa membantu Anda mengecilkan perut buncit. Apa saja?

Tips mengecilkan perut buncit

Perut buncit dapat dialami siapa saja, bahkan orang kurus sekalipun. Pasalnya ada berbagai hal yang menjadi penyebab perut buncit, mulai dari genetik hingga gaya hidup.

Selain itu, pola makan dengan gizi yang seimbang ternyata tidak cukup untuk mencegah perut buncit. Anda perlu mengimbanginya dengan rutin berolahraga untuk membakar lemak perut.

Di bawah ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengecilkan perut yang buncit.

1. Rutin berolahraga

ilustrasi olahraga sumber:https://www.orami.co.id/magazine/sit-up

Salah satu cara mendapatkan perut yang rata yakni dengan rutin berolahraga. Hal ini dikarenakan lemak visceral akan menumpuk pada orang yang malas berolahraga.

Usahakan untuk berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit dalam sehari. Anda bisa mencoba olahraga intensitas sedang, seperti:

  • berjalan,
  • jogging, atau
  • sit-up.

Bila dilakukan dengan rutin, olahraga ini dapat meningkatnya denyut jantung, membantu menjaga berat badan, dan membakar lemak tubuh.

Baca Juga : Manfaat Buah Bit, Si Merah Dengan Segudang Nutrisi

2. Memperbanyak asupan protein dan serat

Protein / Sumber: iStockphoto

Serat membantu menghasilkan perasaan kenyang yang lebih lama. Alhasil, Anda pun bisa mengurangi jumlah makan. Tidak hanya itu, serat menjaga fungsi sistem pencernaan yang dapat mengurangi perut kembung dan membuat perut tampak kecil.

Sementara itu, protein membantu memperbaiki jaringan otot dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian kecil dari Nutrition and Metabolism.

Penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein seperti susu, telur, dan daging memiliki kadar lemak perut yang lebih rendah.

3. Membatasi karbohidrat olahan

ilustrasi karbohidrat(SHUTTERSTOCK)

Di samping meningkatkan asupan protein dan serat, Anda juga perlu membatasi konsumsi makanan olahan berisi zat gizi karbohidrat.

Karbohidrat merupakan sumber energi tubuh, tapi tidak semua jenis karbohidrat baik untuk tubuh. Sebagai contoh, konsumsi karbohidrat olahan terlalu banyak, seperti gula, dapat meningkatkan kadar lemak.

4. Mencoba latihan ketahanan (resistance training)

Resistance training adalah jenis olahraga yang dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot dan ketahanan fisik.(foto:sehatq.com)

Latihan ketahanan merupakan salah satu tips mengecilkan perut yang paling populer di masyarakat. Jenis olahraga yang satu ini dipercaya cocok untuk orang yang ingin mengurangi kalori, tetapi tidak ingin kehilangan massa otot.

Hal ini dikarenakan meningkatkan massa otot juga dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori meski sedang istirahat. Jenis latihan ketahanan meliputi:

  • angkat beban,
  • squat, atau
  • lunges.

5. Memenuhi kebutuhan cairan

Ilustrasi Menghitung Kebutuhan Cairan Setiap Hari (gambar:klikdokter.com)

Bila terbangun dengan keadaan perut membesar dibanding sebelumnya, ada kemungkinan Anda makan terlalu banyak pada malam hari.

Tidak perlu khawatir karena Anda bisa kembali mendapatkan perut yang rata dengan memperbanyak konsumsi cairan.

Konsumsi cairan, seperti sup, jus, atau smoothies, saat sarapan dapat membantu mengecilkan perut. Hal ini pun membantu melancarkan pencernaan agar tidak sembelit.

Baca Juga : 7 Manfaat Senam Aerobik bagi Kebugaran Tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *