Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

FOODHEALTHTERPILIH

5 Makanan yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Secara Bersamaan, Sudah Tahu?

Beragam makanan kita konsumsi sehari-hari tanpa sadar bisa menjadi makanan yang berbahaya. Salah satunya adalah kebiasaan mengombinasikan makanan yang tidak tepat dan jutsru bisa membawa dampak buruk bagi tubuh. 

Mencampurkan dua atau lebih jenis makanan dalam satu masakan atau olahan memang hal yang lumrah. Namun, kombinasi makanan tertentu ternyata bisa membuatnya beracun dan bisa memicu kembung, sakit perut, lesu, hingga kelelahan.

Berikut ini tujuh makanan yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi bersamaan. Simak, yuk!

1. Pisang dan Susu

Pisang yang dicampur dengan susu memang terlihat lezat, banyak orang biasa menyebutnya banana milkshake. Sebuah studi mengungkapkan bahwa kombinasi pisang dan susu merupakan kombinasi yang paling tidak baik. Sebab, kedua makanan ini memiliki pola pemanasan dan pendinginan yang berlawanan, teman-teman. 

2. Daging dan Telur

Banyak orang percaya, mencampurkan daging dan telur bisa mendapatkan manfaat protein yang banyak bagi tubuh. Padahal, sistem pencernaan manusia bekerja baik pada satu protein dalam satu waktu. Jika mengonsumsi daging dan telur, tentu akan jadi overdosis protein. 

Baca Juga:
5 Makanan Pedas Yang Tidak Manusiawi Tetapi Enak untuk Disantap

3. Kacang dan Keju

Kacang dan keju seringkali jadi pilihan kombinasi saat membuat roti panggang untuk sarapan. Ternyata, kombinasi kedua menu ini bisa meningkatkan risiko kesehatan terkait pencernaan, salah satunya kembung. 

Kalau teman-teman memiliki sistem pencernaan yang lemah, sebaiknya jangan mencampurkan kacang dan keju. Sebagai gantinya, kita bisa mencampurkan kacang dengan nasi yang bisa saling melengkapi dan bermanfaat bagi tubuh. 

4. Makanan dan Air/Jus

Apakah teman-teman sering minum air putih atau minuman lainnya di tengah-tengah waktu makan? Perlu diketahui, minum air dengan makanan secara bersamaan bisa jadi salah satu kombinasi makanan paling beracun. 

Sebab, air bersifat mengencerkan asam lambung dan mengurangi kemampuannya dalam memecah protein, karbohidrat, dan lemak yang dikonsumsi. Oleh karena itu, sebaiknya minum air putih 10 menit sebelum makan dan sesudah makan saja untuk mencegah makan berlebihan.

5. Timun dan Tomat

Saat memasak, banyak orang mencampurkan timun dan tomat karena rasanya yang bisa dipadukan. Namun, timun dan tomat bisa jadi makanan yang beracun jika dimakan bersamaan.

Sebab keduanya akan bekerja melawan satu sama lain dalam pencernaan. Tomat jadi sumber vitamin C, namun timun jutsru mengganggu penyerapan vitamin C. Oleh karena itu, makan timun secara bersamaan dengan tomat bisa menghilangkan efek manfaat tomat bagi tubuh. 

Ikuti:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *