Good Bye, inilah Deretan Mobil Yang Pamit Dari Indonesia Tahun 2022

sumber gambar : otomotif.okeone.com

TAHUN 2022 menjadi sangat mengerikan bagi sejumlah model mobil dari berbagai merek. Pasalnya pada tahun ini mobil-mobil tersebut akan disuntik mati dan harus pamit dari Tanah Air.

Hingga awal Maret 2022, tercatat sudah ada 3 model mobil yang resmi mengundurkan diri dari persaingan di pasar otomotif Indonesia. Ketiga mobil tersebut merupakan model-model SUV yang sejatinya punya prospek cerah untuk terus bersaing.

Ada sederet model mobil yang bernasib nahas yang nantinya tidak dijual kembali oleh pabrikan. Ini lantaran mereka tidak mampu lagi bersaing dan eksistensinya sendiri telah pudar.

Mitsubishi Eclipse Cross

sumber gambar : mitsubushi-motors.co.id

Mobil pertama yang resmi pamit dari pasar Indonesia pada 2022 ini, yaitu Mitsubishi Eclipse Cross. Berdasarkan pengumuman yang diberikan oleh PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), penjualan dan keran impor Eclipse Cross resmi dihentikan sejak awal Maret 2022.

Faktor krisis semikonduktor yang masih terjadi di industri otomotif global, disebutkan Mitsubishi jadi penyebabnya.

Tidak hanya itu, bila melihat data penjualannya, memang penjualan Eclipse Cross terus mengalami penurunan sejak awal meluncur pada 2019. Tercatat sejak pertama kali meluncur hingga resmi pamit, SUV kompak itu hanya membukukan penjualan 1.519 unit.

Baca Juga : Honda CT125 Memakai Cub Sespan, Gimana Penampilan nya ?

Toyota Corolla Cross

sumber gambar : otomotik.tempo.co

Menyusul C-HR bensin, Toyota rupanya juga ikut menghentikan penjualan Corolla Cross bermesin bensin. Lagi-lagi, faktor penjualannya yang kurang begitu baik dibandingkan versi hybrid-nya, jadi alasan disetopnya penjualan Corolla Cross bensin.

Bicara soal angka penjualannya, Corolla Cross bensin hanya mampu mencatatkan angka penjualan sejak meluncur pada 2020 hingga 2022 sebanyak 664 unit. Ini jelas jauh lebih sedikit dibandingkan model hybridnya yang mampu menorehkan 1.980 unit.

Toyota C-HR

sumber gambar : toyota.astra.co.id

Selanjutnya ada SUV kompak lainnya, yaitu Toyota C-HR. Sama seperti Eclipse Cross, penyetopan penjualan C-HR bensin diprediksi sudah terjadi sejak awal Maret 2022.

Menurut Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, angka penjualannya yang tidak terlalu bagus dibandingkan versi hybrid jadi alasan pihaknya menyetop penjualan C-HR hybrid.

Baca Juga : Berikut Penjelasannya Mengapa Ban Motor Memiliki Pola Tapak Berlawanan Arah

Honda Odyssey

sumber gambar : id.wikipedia.org

Honda Odyssey tidak dijual lagi di Indonesia. MPV premium itu sudah hilang dari website resmi Honda Indonesia.

Mobil pesaing Toyota Alphard ini diproduksi di pabrik Sayama, Prefektur Saitama. Pabrik tersebut dijadwalkan akan ditutup pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2022. Honda telah memutuskan untuk tidak memindahkan produksinya ke tempat lain.

Seperti diketahui Honda Odyssey yang beredar di Indonesia merupakan barang impor CBU (Completely Built Up) dari Jepang.

Di Indonesia, Honda Odyssey pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 selanjutnya pada tahun 2010 generasi keempat Honda Odyssey kembali diperkenalkan. Pada Januari 2014, generasi kelima masuk ke Tanah Air. Sedangkan pada 2018 lalu, mobil ini mengalami sedikit perubahan di bagian eksterior dan interior. Bahkan mobil ini baru saja disegarkan untuk pasar Tanah Air pada Februari 2021.

Berdasarkan data wholesales, sepanjang Januari – Juni 2022, Honda Odyssey terakhir kali didistribusi pada Januari sebanyak 5 unit, sisanya tidak ada pengiriman sama sekali.

Ikuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *