Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

FOODTERPILIH

5 Makanan Terbaik Saat Sahur !!! Enak dan Bisa Kenyang Lebih Lama

Sahur menjadi salah satu rutinitas wajib yang pastinya kita lakukan setiap subuh. Selain menjadi bagian dari ibadah, makan sahur juga berfungsi memberi energi bagi tubuh kita untuk beraktivitas seharian dan menahan keinginan untuk makan, hingga tibanya waktu berbuka puasa.

Merasa lemas saat puasa memang mejadi hal yang sangat umum dirasakan banyak orang. Namun, merasa lemas selama menjalankan ibadah puasa bukanlah hal yang diharapkan orang. Untuk di Indonesia sendiri rata-rata berpuasa di bulan Ramadhan dilakukan kurang lebih selama 13 jam.

Nah, untuk membuat ibadah puasa lancar seharian, kamu perlu untuk memilih-milih makanan dan minuman apa yang bisa bikin kamu lebih tahan godaan makanan karena tahan lapar seharian penuh.

Namun perlu kamu ketahui pula bahwa menu sahur juga sangat mempengaruhi apakah kamu akan tetap segar berpuasa seharian penuh atau tidak. Berikut ini ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi saat sahur agar puasa tetap segar :

1. Biji-Bijian

Mengonsumsi biji-bijian saat sahur membuat perut terasa kenyang lebih lama dan membuat tubuh berenergi. Biji-bijian mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Misalnya mengonsumsi kedelai, kacang tanah, kacang hijau, buncis da kacang polong.

Dengan mengonsumsi biji-bijian utuh saat sahur bisa membuatmu merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini karena biji-bijian utuh dikenal kaya serat dan karbohidrat sehat.

Baca Juga :
5 Jenis Kurma Untuk Berbuka Puasa

2. Kurma

Kurma mengandung tiga jenis zat gula yakni glukosa, sukrosa dan fruktosa. Glukosa berfungsi untuk menaikan kadar gula dalam darah dan fruktosa serta sukrosa berfungsi untuk menjaganya agar tetap stabil. Namun ternyata mengonsumsi 1 – 2 buah kurma saat sahur juga bermanfaat, lho. Alasannya, karena kurma mengandung fruktosa alami dan serat yang membantu untuk menstabilkan kadar glukosa dalam darah.

Kurma memiliki banyak manfaat menyehatkan untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda saat sahur. Anda dapat mengonsumsi kurma secara langsung atau juga dicampur dengan oatmeal. Bukan hanya bentuk buah, kurma dapat Anda konsumsi dalam bentuk air nabeez saat sahur bersama keluarga. membuat air nabeez sangatlah mudah, Anda hanya perlu merendam tiga sampai lima buah kurma dalam air, dari malam sebelum tidur lalu mengonsumsinya saat waktu sahur telah tiba. 

3. Sayur dan Buah

Pilihlah sayuran dengan kadar air tinggi, misalnya sayuran diolah menjadi sop, buah pun demikian. Pilih buah dengan kadar air tinggi misalnya melon dan semangka.

Sebagaimana diketahui sayur dan buah memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan air, serat, vitamin, kalsium, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh membuatmu selalu kuat menjalani puasa. Sayuran yang kaya cairan dapat Anda jadikan pendamping menu saat sahur bersama keluarga. Beberapa jenis sayur yang dapat Anda konsumsi yakni daun seledri, timun, dan tomat.

Baca Juga :
Jajanan Berburu Takjil di Jakarta Murah Meriah dan Beragam

4. Beras Merah

Mengonsumsi karbohidrat kompleks, pengolahan karbohidrat menjadi sumber energi memakan waktu lama. Hal ini membuat tubuh bisa tahan berjam-jam tanpa asupan.

Nasi merah mengandung serat yang tinggi, sehingga membuat tubuh Anda tetap berenergi setelah sahur hingga berbuka puasa. Jovita mengatakan, nasi merah juga kaya protein, zat besi, zinc, selenium dan vitamin B ketimbang nasi putih sehingga menjadi rekomendasi Jovita untuk Anda konsumsi saat sahur.

5. Daging

Selain karbohidrat, protein juga sangat diperlukan oleh tubuh. Karenanya, kamu perlu asupan protein dalam menu sahurmu. Menambahkan sedikit daging tanpa lemak untuk menu makananmu akan membantu menyediakan protein yang dibutuhkan tubuh serta menjaga kesehatan sistem metabolisme.

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang menyehatkan karena tinggi protein. Tak hanya itu, daging hewani satu ini juga enak diolah jadi berbagai aneka masakan. Terdapat berbagai macam menu olahan daging sapi yang bisa jadi inspirasi buat menu sehari-hari. Penggunaan berbagai macam rempah juga bisa membuat olahan daging semakin gurih.

Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *