Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

FOODTERPOPULER

Tak Hanya Kurma, Berikut Aneka Buah Yang Baik Dikonsumsi Untuk Berbuka Puasa

Selama bulan Ramadhan ini, sangat penting bagi setiap orang untuk berbuka puasa dengan sesuatu yang sehat. Banyak ahli gizi menyarankan untuk berbuka puasa dengan buah. Padahal, buah mengandung gula alami yang bisa digunakan tubuh untuk energi. Selain itu, makan buah untuk berbuka puasa juga bisa menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Tubuh mengalami perubahan selama puasa, termasuk fungsi enzim. Enzim yang biasanya diproduksi oleh sistem pencernaan perlahan menurun. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pencernaan, termasuk buah, saat berbuka puasa. Berikut buah yang baik untuk berbuka puasa.

1. Kurma

Buah Kurma (sumber gambar : pixabay)

Kurma merupakan buah yang wajib ada saat bulan Ramadhan. Menjelang bulan Ramadan, buah ini bisa Anda temukan dengan begitu mudahnya. Tentu saja karena kurma mengandung kalori yang cukup tinggi untuk mengisi kembali energi setelah seharian penuh berpuasa. Selain itu, kurma juga mengandung protein, serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga : Ini Alasan Buah Kurma Menjadi Buah Istimewa di Bulan Ramadhan

2. Semangka

Buah Semangka (sumber gambar : pexels)

Semangka terkenal dengan kandungan airnya yang tinggi, sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Anda akan mendapatkan tambahan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit Anda.

3. Pepaya

Buah Pepaya (sumber gambar : pixabay)

Buah yang juga baik untuk berbuka puasa adalah pepaya. Padahal, pepaya mengandung beta-cryptoxanthin, beta-carotene, lutein dan vitamin C. Berkat berbagai komponen tersebut, pepaya mampu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Selain itu, pepaya juga bermanfaat untuk mengatasi masalah buang air besar yang sering terjadi saat puasa.

4. Melon

Buah Melon (sumber gambar : pixabay)

Selain semangka, melon merupakan buah lain yang banyak mengandung air. Buah ini sering dijadikan topping es buah segar saat berbuka puasa. Selain menyegarkan, buah melon ini dapat menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa. Selain itu melon juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti vitamin A dan vitamin C.

5. Alpukat

Buah Alpukat (sumber gambar : pixabay)

Bukan hanya karena rasanya yang enak, buah ini juga memiliki banyak manfaat, apalagi jika dimakan saat berbuka puasa. Mengkonsumsi buah ini dapat dengan cepat mengembalikan energi Anda. Plus, buah ini juga mengenyangkan, yang memastikan Anda tidak berlebihan saat berbuka puasa.

6. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang cocok untuk berbuka puasa karena mengandung vitamin C dan mineral yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi jeruk memberikan rasa segar seketika dan membuat Anda lebih tahan terhadap penyakit seperti flu yang sering terjadi pada musim kemarau.

7. Apel

Buah Apel (sumber gambar : pexels)

Meski kandungan airnya tidak setinggi semangka, apel mengandung serat yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Di tubuh Anda, serat dalam apel membantu organ pencernaan Anda untuk makanan yang lebih padat.

8. Pisang

Buah Pisang (pixabay)

Buah yang sangat mudah didapat dan murah ini ternyata menjadi salah satu buah terbaik untuk berbuka puasa. Dengan makan pisang, Anda meregenerasi energi yang hilang selama berpuasa. Selain itu, pisang juga mampu mengembalikan keseimbangan elektrolit yang berubah saat berpuasa. Manfaat yang berbeda ini disebabkan oleh kandungan mineral dan potasium pada pisang.

9. Nenas

Buah Nenas (sumber gambar : freepik)

Buah lain yang baik untuk berbuka puasa adalah nanas. Selain kandungan berbagai mineral, buah ini juga mengandung antioksidan yang meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan cara ini Anda tidak akan cepat sakit saat berpuasa.

10. Anggur

Anggur bisa menjadi alternatif yang baik untuk berbuka puasa. Buah ini memiliki rasa segar dan manis yang mampu mengembalikan cairan dan gula dalam tubuh. Selain itu, kandungan air dan seratnya juga dapat membantu mencegah sembelit.

Buah merupakan salah satu bahan makanan yang paling sehat, termasuk untuk berbuka puasa. Pasalnya, buah mengandung air, vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi lain yang bisa hilang setelah berpuasa seharian.

Buah-buahan harus dikonsumsi dalam bentuk buah segar untuk mempertahankan nilai gizi dan manfaatnya. Batasi penggunaan gula tambahan agar menu buka puasa Anda tetap sehat.

Ikuti :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *