Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

HEALTHTERKINI

Kenali Jenis dan Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin B merupakan salah satu dari delapan kelompok nutrisi penting yang memiliki peranan penting untuk organ dan sistem tubuh. Dalam kesempatan ini, Anda akan diajak untuk mengenali lebih dalam tentang vitamin B, peran hingga sumber terbaik dari vitamin ini. Anda juga akan mengetahui apa yang akan terjadi apabila tubuh kekurangan vitamin B.

Apa itu Vitamin B?

Sumber Gambar : neurobion.com


Tubuh membutuhkan vitamin sehingga kinerja tubuh bisa menjadi lebih optimal. Terdapat berbagai jenis vitamin yang memiliki fungsi berbeda, salah satu vitamin penting ialah Vitamin B. Vitamin B memiliki peran untuk memastikan sel-sel tubuh dapat berfungsi dengan baik. Vitamin ini bisa membantu tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi, membuat sel darah baru hingga menjaga kesehatan sel otak, sel kulit dan jaringan tubuh lainnya.

Sama seperti vitamin C, vitamin B larut dalam air sehingga manusia bisa mengkonsumsinya setiap hari. Kebutuhan vitamin B sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ialah 1 – 1,4 mg setiap harinya. Vitamin B terdiri dari 8 jenis dan keseluruhan vitamin B ini disebut dengan vitamin B kompleks. Masing-masing jenis vitamin B memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Sebagian besar nutrisi ini mudah ditemukan dalam berbagai makanan sehari-hari, terutama sumber makanan hewani.

Jenis Jenis Vitamin B dan Manfaatnya

Terdapat 8 jenis vitamin B yang memiliki fungsi dan peranan masing masing. Berikut ini ialah jenis vitamin B yang perlu kamu ketahui beserta dengan peranannya masing masing.

Baca Juga:
Bubur Suro, Kuliner Khas Tahun Baru Islam

1. Thiamin (Vitamin B1)

Vitamin B1 yang memiliki nama lain Thiamin merupakan vitamin yang larut dalam air. Peran dari vitamin B1 ialah melepaskan energi dari makanan,
Vitamin B1 ini juga mencegah terjadinya komplikasi pada otak, sistem saraf, lambung dan usus. Anda bisa menemukan vitamin B pada berbagai makanan yakni daging sapi, kacang kacangan, kembang kol, jeruk, telur dan kentang.

2. Riboflavin (Vitamin B2)

Vitamin B2 merupakan vitamin yang harus Anda konsumsi setiap hari karena tubuh hanya bisa menyimpannya dalam jumlah sedikit. Vitamin B2 ini berfungsi untuk memecah protein, lemak dan karbohidrat menjadi energi serta memiliki peran penting dalam menjaga ketersediaan energi tubuh. Selain itu, vitamin B2 juga dipercaya untuk mengatasi sakit kepala.

3. Niacin (Vitamin B3)

Vitamin B3 memiliki peran penting dalam metabolisme zat dalam tubuh. Fungsi penting dari vitamin B3 ini ialah menurunkan kolesterol dan memiliki sifat anti inflamasi. Tubuh membutuhkan 2 bentuk vitamin B3 yakni nikotinamida serta asam nikotinat. Kedua bentuk vitamin B3 ini bisa Anda temukan pada berbagai makanan seperti daging, ikan, telur, sereal hingga roti. Karena vitamin B3 ini tidak disimpan dalam tubuh, maka Anda harus mengkonsumsi sumber makanannya setiap hari. Jumlah asupan vitamin B3 yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah sekitar 14–16 miligram per hari.

4. Vitamin B5

Vitamin B5 atau Asam Pantotenat merupakan vitamin B yang larut dalam air. Manusia membutuhkan vitamin B5 untuk melakukan sintesis serta metabolisme protein, lemak serta koenzim A. Sel darah merah dalam tubuh akan membawa vitamin B5 ke seluruh tubuh. Hal ini untuk mempermudah proses pembentukan energi dan metabolisme.
Berasal dari bahasa Yunani yakni “pantou”, hampir semua makanan mengandung jumlah vitamin B5 meskipun dalam jumlah yang kecil. Anda bisa menemukan vitamin B5 dalam berbagai sayuran, daging hingga gandum utuh.

5. Piridoksin (Vitamin B6)

Vitamin B6 merupakan vitamin yang mampu membantu membentuk sel darah serta menjaganya tetap sehat. Vitamin B6 juga sangat baik untuk ibu hamil yakni mampu meredakan mual. Selain itu, vitamin B6 juga membantu pertumbuhan otak janin serta mencegah janin lahir dengan kondisi kekurangan berat badan.
Jumlah asupan vitamin B6 yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah sekitar 1,3 miligram per hari. Vitamin B6 bisa didapat dari kacang-kacangan, susu, kentang, ikan, daging ayam, dan pisang.

Namun, untuk menentukan dosis suplemen vitamin B yang sesuai kebutuhan dan kondisi Anda, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu. Dengan begitu, manfaat vitamin B bagi kesehatan dapat Anda peroleh secara maksimal.

Ikuti:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *