Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

FOODTERPOPULER

Berkenalan! Bumbu Penyedap Walau Aroma Tidak Sedap

Pada sebagian orang oramanya tidak terlalu mengenakkan untuk dicium. Namun, penggunaan bumbu-bumbu ini pada masakan tertentu akan membuat rasa menjadi lebih sedap.

Bahkan untuk beberapa makanan yang menggunakan bumbu-bumbu ini menjadi favorit bagi sebagian banyak orang karena aroma dan rasanya yang khas.

Kenali bumbu-bumbu yang dapat membuat masakan menjadi lebih sedap

Baca Juga:
Lontong Khas Indonesia, Sejarah dan Asal-usul Makanan Nusantara

1. TERASI

terasi atau belacan (foto:istimewa)

Terasi atau dikenal sebagai belacan yang mempunyai aroma yang tajam membuat beberapa orang menghindarinya. Namun sambal yang dibuat menggunakan terasi ini menjadi pengkap sayur asam atau makanan lainnya yang membuat Anda semakin lahap untuk makan.

2. TAUCO

fregmentasi kacang kedelai (foto:resepkoki)

Tauco adalah kacang kedelai yang difregmentasi. Taoco akan terasa asin karena pada proses pembuatannya menggunakan garam. Beberapa masakan chinesse food menggunakan taoco.

3. RUSIP

rusip dari palembang – bangka belitung (foto:ksmtour)

Rusip dikenal sebagai pelengkap bumbu saat membuat sambal di daerah Palembang dan daerah Bangka-Belitung. Cara pembuatannya adalah dengan mencampur ikan dengan garam dan tepung beras sangrai yang ditutup rapat dan selanjutnya mengalami proses fermentasi.

4. PETIS

bumbu petis dengan warna hitam (foto:wikipedia)

Aroma yang khas dari petis adalah aroma amis yang berasal dari bahan pembuatnya Bahan utama pembuat petis adalah udang yang dicampur dengan tepung terigu, gula merah dan beberapa bumbu lain.

5. TEMPOYAK

tempoyak durian (foto:istimewa)

Aroma durian yang tajam akan semakin memambah selera makan Anda. Sedangkan, bagi yang tidak suka durian mungkin akan bertambah pusing saat mencium aromanya. Tempoyak mudah ditemukan di daerah yang banyak menghasilkan durian, yaitu di pulau Sumatra dan Kalimantan.

Ikuti:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *