Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

BERITATERPOPULER

Pangkat TNI AL, Dari Tamtama Hingga Perwira Tinggi

Tentara Nasional Indonesia Angkat Laut (TNI AL) merupakan salah satu matra yang ada di Tentara Nasional Indonesia (TNI), Selain Angkatan Laut, terdapat juga dua matra lain dalam Tentara Nasional Indonesia (TNI), yaitu Angkatan Darat (AD) dan Angkatan Udara (AU).

Pangkat dalam TNI merupakan untuk menunjukan kedudukan dan tanggung jawab seorang prajurit. Kepangkatan Tentara Nasional Indonesia terdiri dari Tamtama hingga Perwira.

Tanda kepangkatan terbagi dua, yaitu komando (ada garis merah di pinggir atau tengah) dan staf biasa.

Khusus untuk Korps Marinir, sebutan pangkat mengikuti sebutan pangkat di TNI Angkatan Darat, tetapi tanda pangkatnya tetap mengikuti angkatan laut.

Baca Juga:
Struktur Organisasi Mabes TNI Angkatan Laut

Berikut Kepangakatan dalam TNI AL

Tamtama

Ditandai dengan tanda pangkat berupa garis lurus dengan sebutan Kelasi Dua, Kelasi Satu, dan Kelasi Kepala.

Tamtama Kepala

Pada Tamtama kepala dengan penyebutan Kopral Kepala (Kopka), Kopral Satu (Koptu) dan Kopral Dua (Kopda).

Bintara

Untuk pangkat selanjutnya yaitu bintara dengan empat pangkat, yaitu Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu dan Sersan Dua.

Bintara Tinggi

Untuk kepangkatan bintara tinggi hanya ada dua, yaitu Pembantu letnan satu (peltu) dengan dua garis gelombang dan Pembantu Letnan Dua (Pelda) dengan lambang satu garus bergelombang.

Baca Juga:
Tanda Kepangkatan TNI AU hingga yang Tertinggi Sampai Terendah

Perwira Pertama

Perwira pertama atau disebut Pama. Ada tiga jenjang dalam kepangkatan ini, yaitu Kapten yang ditandai dengan tiga garis, kemudian Letnan Satu (Lettu) dua garis, dan Letnan Dua (Letda) satu garis.

Perwira Pertengahan

Perwira Pertengahan atau disebut Pamen. Dibagi tiga jenjang kepangkatan yaitu Kolonel yang ditandai dengan tiga melati emas. Kemudiain Letnan Kolonel (Letkol) dengan dua melati, dan Mayor dengan satu melati.

Perwira Tinggi

Perwira Tinggi (atau biasa disingkat Pati) adalah kepangkatan perwira tertinggi dalam organisasi militer. Di Indonesia, tanda pangkat terendah perwira tinggi adalah dengan satu bintang dan pangkat tertingginya adalah empat bintang.

Pangkat kehormatan

Tanda pangkat perwira tinggi dengan lima bintang adalah pangkat perwira tinggi kehormatan. Di Indonesia sendiri sejauh ini baru ada tiga nama yang berhasil mendapatkan pangkat kehormatan. Mereka adalah Jenderal Besar Soedirman, Jenderal Besar Abdul Haris Nasution, dan Jenderal Besar Soeharto.

Itulah kepangkatan dalam TNI Angkat Laut.

Ikuti:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *