Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

TERKINIWISATA

Tanah Lot Bali Tempat Wisata Favorit Wisatawan Indonesia

Pulau Bali telah lama menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di dunia. Sebagai destinasi wisata, pulau Bali tidak hanya memiliki keindahan alam, namun juga menawarkan banyak keindahan arsitektur dan keunikan budaya. Salah satu keindahan arsitektur yang terdapat di pulau Bali adalah Pura Tanah Lot di Desa Braban, Kabupaten Tabanan, Bali.

Pura Tanah Lot merupakan objek wisata di Bali yang menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam pantai dengan membangun pura di atas bukit. Pura ini merupakan ikon wisata pulau Bali sekaligus tempat para wisatawan.

Seperti namanya, Tanah berarti daratan dan Lot atau Lod berarti laut. Sehingga penamaan candi ini bisa diartikan sebagai daratan yang berada di dalam laut. Sebab, saat air pasang, pura tampak seperti terapung di lautan.

Sejarah Indonesia tentang Tanah Lot Bali didasarkan pada sebuah legenda. Salah satu legenda menyebutkan bahwa pada abad ke-15, Dang Hyang Nirartha atau Dang Hyang Dwijendra dari Bahagawa berinisiatif menyebarkan agama Hindu dari pulau Jawa ke pulau Bali.

Saat itu pulau Bali diperintah oleh Raja Dalem Waturenggong. Ia sangat menyambut baik kedatangan Dang Hyang Nirartha untuk menunaikan misinya sukses menyebarkan agama Hindu ke desa-desa terpencil di Pulau Bali.

Harga Tiket Masuk Pura Tanah Lot

Karena ukurannya sebagai tempat wisata populer di Bali, harga tiket masuk ke pura ini bisa dikatakan terjangkau. Bahkan, pengunjung harus membayar lagi jika ingin menyaksikan pertunjukan tari Kecak yang biasanya berlangsung pada sore hari.

Harga Tiket Masuk Pura Tanah Lot
DomestikAnak (6-12 th)Rp15.000
DewasaRp20.000
MancanegaraAnak (6-12 th)Rp30.000
DewasaRp60.000

Baca: Candi Borobudur, Destinasi Wisata Sejarah Indonesia

Jam Buka Pura Tanah Lot

Pura ini boleh dikunjungi setiap hari. Terbuka untuk umum dari pagi hingga malam.

Jam Operasional
Senin – Minggu06.00 – 19.00

Ragam Aktivitas Wisata

Pura Tanah Lot menampilkan keindahan alam dan panorama yang luar biasa. Ikon pariwisata Bali ini dilengkapi dengan beberapa tempat wisata yang menjadi daya tarik utamanya. Tempat-tempat tersebut menjadi pusat kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Panorama Pura Tanah Lot

Photo by Harry Kessell

Berada di pesisir selatan Kabupaten Tabanan Bali, objek wisata ini identik dengan kompleks pura. Pura Luhur merupakan kebanggaan masyarakat Pulau Dewata dan memiliki banyak mitos yang diyakini penduduk setempat. Batu karang tersebut memiliki daya tarik Pura Luhur Tanah Lot yang unik dengan panorama yang sangat indah.

Ada banyak kuil untuk dikunjungi yang berdekatan satu sama lain. Misalnya Pura Jro Kandang, Pura Penyawang, Pura Penataran dan Pura Luhur Pakendungan. Selain itu ada Pura Enjung Galuh dan Pura Batu Mejan atau Pura Beji.

Baca: Sejarah Gedung Sate, Tempat Wisata di Kota Bandung

Menyambangi Gua Ular Suci

Di dekat lokasi candi terdapat sebuah gua dengan banyak ular suci. Kehadiran ular suci di gua dengan tulisan “Ular Suci” menarik banyak wisatawan. Duwe, ular belang hitam putih ini, mungkin adalah ular suci yang menjaga pura.

Ular suci ini adalah ular laut berekor pipih dan nama ilmiahnya adalah Bungarus candidus. Ular berbisa yang termasuk dalam famili Elapidae ini panjangnya mencapai 1 meter. Wisatawan yang ingin memegang ular suci dan berfoto dengannya akan ditemani pemandu.

Merasakan Segarnya Air Dari Gua Air Suci

Di bawah pura Tanah Lot terdapat sebuah gua kecil yang disebut Gua Air Suci. Arusnya datang di tengah laut, tapi airnya segar, sehingga Anda bisa merasakannya dan langsung meminumnya. Dikenal juga sebagai tirta penyucian, sumber air ini disakralkan untuk upacara agama Hindu.

Wisatawan harus mengantre untuk menyentuh air suci di bawah bimbingan seorang pemangku. Konon, air suci ini ampuh menyembuhkan berbagai penyakit.​​​​​​​​​ Namun jika air pasang, wisatawan tidak dapat menuju lokasi sumber air suci ini.

Bersantai Di Kawasan Enjung Galuh

Kawasan Enjung Galuh merupakan salah satu lokasi pura Tanah Lot favorit di Bali. Tempat ini adalah tempat terbaik untuk menonton dan menangkap matahari terbenam.

Tempat ini biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang menyukai fotografi. Dari sini wisatawan bisa melihat banyak sudut Pura Tanah Lot. Menghadap samudra biru, candi menjadi tempat favorit untuk fotografi dan fotografi pernikahan.

Objek Wisata Pura Tanah Lot

Photo By bckfwd

Salah satu pura di Bali yang sangat terkenal di mancanegara adalah Pura Tanah Lot. Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar atau mengunjungi objek wisata Pura Tanah Lot. Keindahan sunset Tanah Lot Bali di sore hari menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berlibur ke tempat wisata Tanah Lot di Bali.

Pura Tanah Lot terletak di atas tebing, sekitar 300 meter dari bibir pantai. Karena tempatnya jauh dari pantai, ombak menghantam karang di Pantai Tanah Lot Tabanan.

Karena pura Tanah Lot terletak di laut lepas, Anda harus melewati jalan berbatu saat air surut untuk mencapai pura. Pengunjung harus menaiki tangga batu untuk mencapai candi dari lokasi batu.

Di dalam area bebatuan terdapat beberapa gua kecil tempat tinggal beberapa ular belang hitam putih. Ular belang hitam putih ini dikenal oleh penduduk setempat sebagai ular suci Tanah Lot Bali.

Lokasi Pura Tanah Lot

Tempat wisata ini terletak kurang lebih 13 km sebelah barat Tabanan. Tepatnya di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82121. Obyek wisata ini berjarak sekitar 26,7 km dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Jarak yang dibutuhkan kurang lebih 65 menit berkendara.

Jika Anda meninggalkan kawasan wisata Pantai Kuta, dibutuhkan waktu 1 jam 10 menit untuk mencapai Pura Tanah Lot di Tabanan Bali. Perkiraan jarak dari Pantai Kuta ke Tanah Lot kurang lebih 23 kilometer.

Jika anda berangkat dari kawasan tempat wisata Ubud Bali seperti objek wisata Ubud Monkey Forest maka perjalanan memakan waktu 1 jam 30 menit. Perkiraan jarak Ubud Monkey Forest ke Tanah Lot sekitar 35 kilometer.

Demikian semua detail tentang wisata Tanah Lot, mulai dari lokasi, harga tiket masuk hingga aktivitas seru. Selamat berlibur, semoga informasi ini bermanfaat.

FOLLOW US

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *