Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

TERPOPULERWISATA

Sejarah Gedung Sate, Tempat Wisata di Kota Bandung

Gedung Sate merupakan ikon kota Bandung yang sangat dikenal. Selain itu Gedung Sate merupakan tempat bersejarah sekaligus menjadi kdestinasi wisata kota Bandung yang banyak di kunjungi.

Bandung memang kota yang tidak pernah sepi dari sorotan wisata alam dan kulinernya yang terkenal. melainkan wisata sejarahnya juga selalu menarik perhatian.

Awal Pembangunan Gedung Sate

Gedung Sate mempunyai sejarah panjang yang sudah ada sejak masa Kolonial Belanda. Peletakan pembangunan pertamanya dilakukan pada 27 Juli 1920 yang dihadiri oleh Johanna Catherina Coops yang merupakan putri tertua Wali Kota Bandung dan B. Coops serta Petronella Roelofsen yang mewakili Gubernur Jenderal di Batavia.

Arsitek yang merancang gedung bersejarah ini adalah Ir. J. Gerber dari Fakultas Teknik Delft Nederland, Ir. Eh. De Roo, dan Ir. G. Hendriks, dan dari Gemeente vna Bandoeng.

Baca Juga:
Candi Borobudur, Destinasi Wisata Sejarah Indonesia

Mengapa disebut Gedung Sate?

Gouvernemens Bedrijven lebih dikenal sebagai Gedung Sate. Ini karena di bagian atap atau puncak gedung ada hiasan menyerupai tusuk sate dengan 6 bulatan yang menancap.

Gedung Sate sekarang dikenal sebagai landmark utama kota bandung yang di kelilingi sebuah taman indah dan sering dijadikan tempat bersantai maupun berfoto bersama teman dan keluarga

Fasilitas Wisata Gedung Sate

Gedung Sate ini memiliki berbagai fasilitas tempat wisata yang membuat penunjungnya betah di tempat ini. beberapa fasilitas yang ada di gedung seperti ruang teater mini, tempat ibadah, area parkir, teknologi canggih, kaca mata virtual reality, dan toilet.

Berikut Spot Wisata di Gedung Sate

Dok.Pribadi/Agithyra Nidiapraja

1. Diorama sejarah

Museum Gedung Sate ini juga menyajikan diorama sejarah yang isinya informasi sejarah Gedung Sate Bandung. Pengunjung bisa melihat berbagai foto masa lalu yang diletakkan pada setiap sisi dinding gedung ini.

2. Pemutaran film sejarah

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa gedung ini memiliki ruang teater mini. Ruangan ini digunakan untuk pemutaran film sejarah. Sehingga pengunjung bisa menyaksikan tontonan sejarah dengan fasilitas yang nyaman seperti di bioskop.

3. Wisata edukasi tentang arsiterktur dan sipil

Anda yang senang dengan desain arsitektur mungkin akan senang dengan spot wisata ini. sebab disini ada beberapa barang peninggalan pada masa pembangunan Gedung Sate Bandung ini, Anda bisa melihat berbagai gambar rancangan sebelum gedung ini berdiri.

4. Melihat teknologi kekinian

Tidak hanya wisata edukasi sejarah, di Gedung Sate ini juga Anda akan diajak untuk menikmati teknologi terkini. Gedung ini dilengkapi dengan papan informasi yang menggunakan media audiovisual dengan proteksi animasi. Tidak hanya itu, terdapat pula proyeksi 4 dimensi dari gedung bersejarah ini yang pasti akan memukau siapa saja yang melihatnya.

Untuk memasuki Gedung Sate ini biaya tiket cukup hanya membayar Rp 5.000 yang dibuka pada hari Selasa – Minggu dengan jam operasional hanya dari pukul 09.30 – 16.00. Dan tetap patuhi protokol kesehatan saat berkunjung ke wisata ini.

Ikuti:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *