Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

HEALTHTERKINI

Manfaat Kesehatan Dari Minum Teh Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

Teh lebih dari sekedar minuman populer. Selama ribuan tahun, minum teh telah dan terus menjadi tradisi dan ritual yang mengakar kuat dalam budaya di seluruh dunia. Cara minum teh, yang mungkin berasal dari Cina sejak tahun 2737 SM, menyebar ke Jepang, kemudian ke Belanda, dan akhirnya ke seluruh Eropa.

Pemukim Belanda di Amerika pertama kali memperkenalkan teh pada tahun 1650. Inggris adalah salah satu negara Eropa terakhir yang memperkenalkan teh, meskipun impor tanaman teh pada awalnya dikenakan pajak yang tinggi. Sebagian besar impor teh diselundupkan sampai pemerintah Inggris menurunkan pajak pada tahun 1784, menjadikan teh sebagai minuman yang terjangkau bagi semua orang, bukan hanya orang kaya.

Sekitar 75 juta cangkir teh diminum setiap hari di Inggris. Padahal diperkirakan lebih dari 3 miliar cangkir teh dikonsumsi di seluruh dunia setiap hari. Kepopuleran teh bukan karena rasanya yang enak. Teh telah diminum selama berabad-abad karena manfaat terapeutiknya, yang juga dipelajari secara ilmiah.

Manfaat medis dan kesehatan dari minum teh telah dikenal selama ribuan tahun. Sains modern telah membantu mendukung klaim ini.

Tingkatkan Metabolisme & Anti Inflamasi

1. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat minum teh yang pertama adalah membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Polifenol dalam teh hitam, oolong, dan teh hijau telah terbukti meningkatkan pengeluaran kalori dan mengurangi lemak tubuh.

Teh sebenarnya mempromosikan satu jenis lemak: lemak coklat. Jenis lemak ini lebih aktif secara metabolik dan mengandung lebih banyak mitokondria daripada lemak putih, yang berarti lemak coklat sebenarnya dapat membakar kalori dan meningkatkan metabolisme Anda.

Sebuah tinjauan dari 15 penelitian menemukan bahwa mereka yang minum dua hingga enam cangkir teh hijau sehari selama lebih dari 12 minggu memiliki lemak dan berat badan lebih sedikit daripada mereka yang tidak.

Jika Anda tidak suka teh seduhan, Anda bisa mencoba meminumnya dalam bentuk ekstrak. Ekstrak teh hijau, bentuk teh hijau pekat yang tersedia dalam bentuk bubuk dan pil, juga terbukti meningkatkan metabolisme untuk menurunkan berat badan.

2. Anti-inflamasi

Manfaat lain dari minum teh adalah kandungan antiradangnya. Peradangan telah dikaitkan dengan segala hal mulai dari diabetes sampai penurunan kognitif. Bahkan, peradangan telah diidentifikasi sebagai akar penyebab hampir semua penyakit kronis.

Polifenol antioksidan teh adalah agen anti-inflamasi yang kuat. Faktanya, EGCG dalam teh hijau 100 kali lebih kuat dari vitamin C sebagai antioksidan. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit radang usus dan kondisi pro-inflamasi lainnya.

3. Mengurangi Risiko Kematian Akibat Penyakit Kronis Tertentu

Manfaat minum teh yang ketiga adalah membantu mengurangi risiko kematian akibat penyakit tertentu. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 40.000 orang dewasa menemukan bahwa konsumsi teh secara teratur mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Faktanya, orang yang minum lima atau lebih cangkir teh hijau per hari memiliki risiko kematian kardiovaskular 16 persen lebih rendah daripada mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari. Peneliti memuji efek teh hijau pada tekanan darah dan obesitas, dan polifenol kuat untuk efek perlindungannya.

Penyakit kronis adalah salah satu penyebab utama kematian di Amerika Serikat, membuat minum teh setiap hari menjadi lebih penting. Manfaat lebih terlihat pada mereka yang minum tiga sampai empat cangkir sehari dibandingkan dengan satu atau tidak sama sekali, jadi mulailah minum secara teratur.

BACA JUGA: Khasiat Air Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

4. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Manfaat minum teh yang keempat adalah membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Teh hijau dapat membantu mengurangi komplikasi diabetes. Diabetes adalah masalah kesehatan global dengan risiko komplikasi yang signifikan, kematian dini dan penurunan kualitas hidup.

Penelitian menunjukkan bahwa minum teh dapat meningkatkan sensitivitas insulin, melindungi sel pankreas dari kerusakan lebih lanjut, dan mengurangi peradangan, yang semuanya bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena diabetes atau sudah terdiagnosis diabetes.

5. Baik Untuk Kesehatan Otak

Manfaat minum teh yang kelima adalah meningkatkan kesehatan otak. Konsumsi teh secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan penyakit neurodegeneratif lainnya. Meskipun penyebab pasti penyakit Alzheimer masih belum jelas dan belum ada obatnya, penelitian mengkonfirmasi bahwa minum teh hijau dan hitam meningkatkan kinerja kognitif pada penderita demensia dan penyakit Alzheimer.

Selain itu, minum teh dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan konsentrasi hingga mencegah penurunan kognitif. Campuran kafein dan L-theanine dalam teh telah terbukti meningkatkan waktu reaksi, pemrosesan visual, memori, dan konsentrasi. Ia bahkan mengubah cara otak diatur untuk memproses informasi dengan lebih efisien.

6. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat minum teh yang keenam adalah membantu mencegah kanker. Katekin EGCG dalam teh hijau adalah antioksidan kuat dengan potensi antikanker yang besar. Penelitian laboratorium dan hewan telah menunjukkan bahwa EGCG dapat mengurangi metastasis dan meningkatkan hasil pada kanker payudara, paru-paru, usus besar, kulit dan kanker lainnya.

Meskipun lebih banyak uji klinis pada manusia diperlukan, beberapa studi observasi jangka panjang telah menemukan manfaat antikanker yang serupa dari minum teh. Misalnya, orang Jepang yang minum 10 atau lebih cangkir teh hijau setiap hari (masing-masing 120 ml atau 4 ons) mengalami keterlambatan perkembangan kanker selama tujuh tahun. Jumlah teh ini dikatakan setara dengan 2,5 gram ekstrak teh hijau.

7. Baik Untuk Kesehatan Mulut

Manfaat ketujuh dari minum teh adalah kesehatan mulut yang baik. Tidak semua minuman baik untuk kesehatan mulut. Tapi teh justru bisa meningkatkan kesehatan mulut. Teh mengandung fluoride dan dapat meningkatkan jumlah bakteri di mulut. Ini dapat mengurangi risiko penyakit periodontal, gigi berlubang, dan bahkan mungkin kanker mulut.

8. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat minum teh yang kedelapan adalah membantu meningkatkan kesuburan. Tinjauan tahun 2018 melaporkan bahwa kesuburan sangat dipengaruhi oleh tingkat stres oksidatif pada jaringan reproduksi. Minum teh membantu mengatasinya.

Polifenol teh telah menunjukkan efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Oleh karena itu, teh diklaim dapat meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita. Diperlukan penelitian lebih lanjut, namun manfaat minum teh yang satu ini tampak menjanjikan.

9. Menghidrasi

Manfaat minum teh yang kesembilan adalah membantu menghidrasi tubuh. Sementara teh (dan kopi) sebelumnya dianggap meningkatkan dehidrasi dengan bertindak sebagai diuretik dan menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa 6-8 cangkir teh sehari sama menghidrasi dengan jumlah yang sama dari teh biasa.

10. Baik Untuk Kesehatan Usus

Manfaat minum teh yang terakhir adalah baik untuk kesehatan usus. Kesehatan usus bukan hanya tentang serat dan probiotik. Penelitian menunjukkan bahwa polifenol dalam teh bermanfaat dalam mengubah bakteri usus. Ini dapat menyebabkan efek kesehatan yang positif seperti berkurangnya penyerapan karbohidrat, peningkatan kadar gula darah dan penurunan berat badan.

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *