Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

SPORTS

Rossi di Mintain Saran Morbidelli buat Kejar Quartararo

Pembalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 4 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).(GARRY LOTULUNG)

JAKARTA – Pebalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli pontang-panting di paruh pertama musim 2022. Capaiannya bagai bumi dan langit dengan rekan setimnya Fabio Quartararo.  Pembalap tim Monster Energy YamahaFranco Morbidelli bertekad untuk bangkit pada MotoGP 2023 setelah mendapatkan wejangan dari dua orang terdekatnya salah satunya Valentino Rossi.

Selama 11 seri yang sudah berlangsung Morbidelli hanya berhasil mengumpulkan 25 poin. Sampai GP Belanda, pebalap asal Italia itu bertengger di posisi 19 klasemen sementara.

Morbidelli sadar bahwa performanya sangat buruk. Dia tak suka motor M1 2022, tapi tidak bisa mengeluh karena Quartararo nyatanya bisa menang dan bertengger di puncak klasemen.

(Dok. Yamahamotogp.com)

Morbidelli mengaku berdiskusi dengan mentornya Valentino Rossi mengenai kesulitannya saat ini dan berusaha mencari celah untuk memaksimalkan keadaan yang ada.

“Kami berbicara tentang itu. Vale selalu memberiku kekuatan,” kata Morbidelli, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Rabu (13/7/2022).

Menurut Rossi, dia mesti melihat dan memperhatikan Quartararo saat balapan. Bahkan, hal-hal lain sekecil apa pun yang menyebabkan pebalap asal Perancis itu bisa kencang.

“Dia (Quartararo) berhasil mempertahankan kecepatan di tikungan saat melakukan late braking. Berkat kecepatan menikung yang tinggi, dia banyak memulihkan diri,” ujar Morbidelli.

Baca Juga : Gerakan Pemanasan, Solusi Terhindar dari Cedera

Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) sukses menjadi pemenang balapan MotoGP Jerman 2022 yang dihelat di Sirkuit Sachsenring, Minggu (19/6/2022) malam WIB.(AFP/ RONNY HARTMANN)

Secara tersirat, cuma itu yang bisa dilakukan “Franky” karena dia tidak punya alasan. Padahal, seperti diketahui, Quartararo sendiri mengeluh top speed motor M1 kalah dari pabrikan lain.

Saat balapan, rata-rata Morbidelli tertinggal sekitar 30 detik dari pemenang lomba. Sulit memangkas jarak ini dalam waktu singkat, apalagi para insinyur Iwata tidak bisa mendapatkan mesin sebelum musim baru.

Morbidelli merupakan tandem Quartararo di Yamaha Monster Energy. Namun demikian, Morbidelli belum bersinar setelah mengalami cedera pada tahun 2021. Bahkan, pada musim terakhir, Morbidelli harus puas berada di posisi 19 klasemen. Pembalap berusia 28 tahun tersebut pun butuh ‘asupan’ untuk membantunya kembali bersinar pada musim 2023. Tak ayal, Morbidelli meminta bantuan kepada rekan setim dan mantan penunggang Yamaha.

Sementara itu, Morbidelli dan Quartararo tengah mempersiapkan tes pra-musim MotoGP 2023. Tes tersebut akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 5-12 Februari, dan Sirkuit Algarve, Portugal pada 11-12 Maret 2023 mendatang.

Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *