Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

BERITATERPOPULER

5 Negara dengan Tradisi Lebaran yang Unik

Tradisi Lebaran Idulfitri merupakan momen yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Setiap negara memiliki tradisi yang unik dalam merayakan Lebaran. Berikut ini adalah 5 negara yang ramah visa dan memiliki tradisi Lebaran yang unik:

Festival permen di Turki (sumber gambar : Haluan Lifestyle)

Negara pertama yang memiliki tradisi Lebaran yang unik adalah Turki. Masyarakat Turki merayakan Idulfitri dengan menyelenggarakan festival permen atau seker bayrami. Dalam festival ini, anak-anak akan mendapatkan permen atau uang yang dibungkus dengan sapu tangan. Selain itu, umat Muslim di Turki juga berkunjung ke makam keluarga untuk memberikan penghormatan dan doa, mirip dengan tradisi di Indonesia. Hidangan khas Lebaran yang disajikan oleh masyarakat Turki adalah kebab dan baklava.

Lebaran di China (sumber gambar : TIMES Indonesia)

Tradisi Lebaran di Cina juga memiliki keunikan tersendiri. Sama halnya dengan Turki, masyarakat Muslim Cina juga mengunjungi makam leluhurnya sebagai bentuk penghormatan. Selain itu, pakaian yang dikenakan oleh laki-laki dan perempuan berbeda. Para laki-laki akan mengenakan kopiah putih dengan jas khasnya, sedangkan perempuan mengenakan selendang yang membentuk kerudung dan baju hangat.

Tadisi Lebaran di Pakistan (sumber gambar : Okezone Travel)

Di Pakistan, perayaan Idulfitri dikenal dengan nama Chotti atau Meethi dan dirayakan selama 3 hingga 4 hari. Tradisi Lebaran di Pakistan diawali dengan mempersiapkan menu Lebaran, seperti sheer khurma dan kebab. Serupa dengan Indonesia, masyarakat Pakistan juga mengunjungi keluarga dan teman-teman mereka dalam momen Lebaran. Selain itu, perempuan Muslim Pakistan biasanya akan menggunakan perhiasan, terutama gelang yang terbuat dari kaca halus.

Merayakan Idul Fitri di Mesir (sumber gambar : IDN Times)

Tradisi Lebaran di Mesir berbeda dengan negara-negara lainnya. Mesir merayakan Idulfitri selama tiga hari dengan perayaan yang berbeda setiap harinya. Pada hari pertama, masyarakat Mesir berkumpul bersama keluarga. Biasanya, dalam tradisi kumpul keluarga itu akan disajikan menu Lebaran berupa ranja, makanan yang terbuat dari ikan asin dan acca. Pada hari kedua dan ketiga, masyarakat Mesir akan berlibur ke tempat-tempat rekreasi, seperti taman bermain, bioskop, maupun pantai.

Perayaan Idul Fitri di Nigeria (sumber gambar : kumparan)

Nigeria juga memiliki tradisi Lebaran yang unik. Perayaan Idulfitri di Nigeria dikenal dengan sebutan Sallah dan dirayakan oleh komunitas Muslim di seluruh negara. Dalam perayaannya, umat Muslim Nigeria pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Idulfitri lalu mengunjungi rumah keluarga untuk bermaaf-maafan. Menariknya di sana, terdapat tradisi THR untuk anak-anak yang sama seperti di Indonesia. Namun, istilah THR di Nigeria disebut dengan “sala” atau uang Lebaran kepada anak-anak.

Itulah 5 negara ramah visa dengan tradisi Lebaran yang unik. Setiap negara memiliki tradisi Idulfitri yang beragam serta dengan hidangan menu Lebaran yang begitu unik. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita tentang tradisi Lebaran di berbagai negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *