Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

BERITAFOODTERPOPULER

5 Ragam Makanan Buka Puasa Favorit dari Berbagai Negara

Setiap negara memiliki masakan tradisional Ramadhan yang populer, yang biasanya dinikmati saat berbuka puasa. Mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, makanan penutup hingga minuman manis favorit. Setelah berjam-jam berpuasa dan beribadah sepanjang hari, umat Islam menantikan makanan yang lezat.

Sama seperti di Indonesia, ada kolak, yang merupakan hidangan khusus untuk berbuka puasa, sehingga banyak negara memiliki menu utama juga. Dengan hidangan yang lezat, kebersamaan bersama keluarga saat berbuka puasa menjadi lebih menyenangkan. Di bawah ini adalah lima hidangan buka puasa khas di berbagai negara.

Qatayef

Qatayef (sumber gambar : Diadona)

Makanan berbuka puasa Yordania yang disebut Qatayef ini dibuat dengan adonan tepung terigu yang goreng. Topingnya dengan berbagai kacang termasuk kenari, pistachio, kismis, almond dan hazelnut. Qatayef ini memiliki rasa asli yang berasal dari taburan kayu manis dan kemudian madu atau sirup panas.

Shakshuka 

Shakshuka (sumber gambar : Downshiftology)

Hidangan berbuka puasa ini berasal dari Algeria dan juga dikenal di beberapa negara Timur Tengah, terutama di Shakshuka atau Chakchouk. Hidangan ini memiliki telur goreng sebagai bahan utamanya. Aneka bumbu juga diramu dalam menu ini, seperti cabai, saus tomat, jintan putih dan bawang bombay.

Gullac

Gullac (sumber gambar : Pikiran-rakyat)

Gullac adalah makanan buka puasa yang hanya ditemukan di Turki selama bulan Ramadhan. Makanan ini spesial dan istimewa karena sajiannya yang manis dan dibumbui dengan air mawar sebagai penambah rasa. Hidangan penutup terbuat dari pastry ini direndam susu dan diberi taburan biji delima serta pistachio pada bagian tengahnya.

Dolma

Dolma (sumber gambar : pexels)

Menu lainnya yaitu dolma, sajian khas dari negara Armenia. Menu ini terutama terdiri dari nasi dan dibungkus daun anggur. Dalam dolma terdapat berbagai isian berupa sayuran, paprika, bawang bombay, zucchini, terong, bawang putih dan daging. Ada dua jenis dolma, yaitu terbuat dari daging panas dan sayuran untuk disajikan dingin.

Mansaf

Mansaf (sumber gambar : Wikipedia)

Selain sebagai menu cepat saji, Mansaf juga menawarkan hidangan khas dari negara Yordania. Makanan pokok ini adalah hidangan tradisional yang dibuat dengan campuran daging domba dan saus yogurt yang difermentasi. Menu ini biasanya disajikan di atas roti khubz atau roti pipih arab, bisa juga disajikan dengan nasi atau bulgur (gandum gurih kering).

Ikuti :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *