Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

HEALTHTERPILIH

5 Tips Puasa Sehat Selama Bulan Ramadhan

Ketika saat berpuasa, kita tidak makan dan minum selama hampir 13 jam tiap harinya. Selama puasa juga kita harus menahan haus dan lapar seharian. Selama berpuasa, tubuh akan menjadi lemas,lapar dan juga mudah mengantuk.

Tidak hanya itu, sementara itu pola hidup kita juga ikut berubah mulai dari pola tidur hingga makan. Jika Anda menerapkan puasa dengan cara sehat dan tepat, maka bukan hanya dapat menahan lapar dan haus semata, tetapi juga memberi manfaat kesehatan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan selama bulan ramadhan agar kondisi tubuh senantiasa berada dalam kondisi yang fit dan siap untuk menjalani ibadah puasa dan aktivitas selama ramadhan.

Baca Juga:
5 Ragam Makanan Buka Puasa Favorit dari Berbagai Negara

1. Pola Makan Sahur dan Berbuka yang baik

Mengatur pola makan sahur dan berbuka puasa memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas ketika di siang hari.

Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari.

Langsung mengkonsumsi makanan yang banyak ketika berbuka puasa, akan menyebabkan perut menjadi sesak, sehingga makan makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengkonsumsi air putih dan sedikit makanan manis.

2. Memilih makanan sehat

Pilihlah makanan sehat yang sudah dipanggang atau dikukus bukan digoreng. Anda dapat mencoba biji-bijian hingga kacang panggang. Sementara lengkapi juga dengan sayur segar. Jika tidak ada, temukan sayuran kaleng dengan label natrium rendah.

Jangan lupa konsumsi buah dalam porsi kecil sebagai alternatif mkanan sehat dengan pemanis alami untuk hidangan penutup Anda. Mengapa ini penting? Kemampuan tubuh untuk memproses karbohidrat dan lemak meningkat pada waktu-waktu tertentu dalam sehari.

3. Menjaga pola tidur

Agar tubuh tetap mendapat durasi tidur yang cukup, coba majukan waktunya. Jika biasanya kamu baru tidur pada pukul 11 malam atau 12 malam. Selama bulan puasa, cobalah untuk menyelesaikan semua aktivitas sebelum jam 10 malam.

Manfaatkanlah waktu setelah berbuka puasa dan melaksanakan ibadah Tarawih untuk bersiap-siap sebelum tidur. Misalnya, mandi, mebersihkan kamar, dan lain sebagainya.

Agar lebih mudah tidur, jauhkanlah semua perangkat elektronik dan hal-hal yang bisa membuat kamu terjaga. Tidur lebih awal dibutuhkan agar durasi tubuh istirahat tidak berkurang terlalu banyak.

4. Aktivitas fisik, minimal 30 menit.

Saat puasa, kamu tetap bisa, bahkan dianjurkan untuk berolahraga. Namun sekali lagi, pastikan untuk memilih waktu yang tepat agar puasa tidak terganggu. Jika ingin melakukannya sebelum waktu berbuka, kamu bisa memilih waktu olahraga pada 30–60 menit sebelum waktu berbuka puasa. Pilih jenis olahraga yang tidak terlalu berat dan jangan memaksakan diri.

Selain memilih jenis olahraga yang tepat, kamu juga bisa memodifikasi beberapa jenis gerakan agar tidak terlalu “menyiksa”.

5. Pertimbangkan Suplemen

Selama berpuasa, Anda mungkin akan kehilangan nutrisi penting untuk tubuh. Mengingat makan lebih sedikit kalori membuat tubuh lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Sama halnya ketika seseorang yang mengikuti diet lebih cenderung kekurangan sejumlah nutrisi penting, seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12. Dengan demikian, oarng yang berpuasa dapat mempertimbangkan mengambil multivitamin untuk membantu mencegah kekurangan vitamin.

Makanlah cukup protein dan menjaga diet seimbang, terapkanlah gaya hidup sehat ini untuk mendapatkan kesehatan secara keseluruhan dan puasa lancar.

Ikuti tips puasa sehat ini untuk memastikan Anda tetap sehat selama berpuasa. Demikian tips agar Sehat Selama Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa.

Ikuti:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *