Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

TERPILIHWISATA

Tradisi Bambu Gila, Kesenian dari Maluku yang Unik dan Mistis

Indonesia dengan sumber alam yang melimpah pasti membuat semua orang terkagum-kagum akan keragaman dan keunikan yang dimiliki oleh setiap wilayah.

Ratusan suku dan bahasa tentu saja dengan keunikan yang telah menjadi budaya dan di wariskan secara turun temurun oleh para leluhur kita. Menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dunia ataupun menikmati perjalanan wisata ke wilayah-wilayah indah di Indonesia.

Baca Juga:
Sejarah Kretek di Indonesia, Museum House Of Sampoerna

Bambu gila di kenal menjadi suatu tradisi unik oleh masyarakat Maluku. Permainan bambu gila ini memiliki nama asli Baramasewel yang dimainkan dengan sederhana, para pemain hanya memeluk dan menahan laju bambu yang bergerak melonjak sesuai kemauan sang pawang.

kemenyan sang pawang (foto:Pesona Indonesia)

Namun, sebelum permainan bambu gila dimulai, sang pawang akan membakar kemenyan yang dibawahnya dari tempurung kelapa. Asap dari kemenyan tersebut kemudian “dimasukkan” ke dalam bilah bambu. Proses ini penting dalam permainan, karena merupakan upaya untuk mengundang hal gaib untuk menggerakan bambu.

Orang-orang yang memainkan bambi gila ini diharuskan bertelanjang dada dan mengenakan atribut serba merah termasuk pada celana dan ikat kepala.

Permainan bambu gila ini merupakan salah satu kekayaan tradisi yang di miliki nusantara.

Ikuti:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *