Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

HEALTHTERPILIH

Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan Alami, Yuk Simak!

Manfaat air beras untuk wajah menjadi salah satu rahasia kecantikan wanita di Asia. Selama berabad-abad, wanita Asia telah menggunakan air beras untuk merawat kecantikan wajah dan rambut mereka.   Beragamnya manfaat air beras untuk wajah membuat produk-produk kecantikan yang beredar saat ini banyak yang mengandung air beras. 

Manfaat air beras untuk wajah memang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.  Jadi, tidak mengherankan bila air beras banyak dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik.

Nah, salah satu manfaat air beras untuk wajah adalah dapat membantu mencegah pigmentasi atau penggelapan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit, serta memudarkan flek hitam. Lantas, selain itu, apa saja manfaat air beras untuk wajah dan bagaimana cara membuat endapan air beras? 

1.Menangkal Radikal Bebas

Dilansir Allure, ferulic acid adalah antioksidan alami yang ditemukan pada kulit buah-buahan, kacang-kacang, dan biji-bijian seperti beras. Ferulic acid memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Ketika tubuh menggunakan oksigen, maka sekitar 1-2 persen dari sel-sel akan rusak dan kerusakan tersebut disebut radikal bebas. Atau dengan kata lain, radikal bebas merupakan sebutan untuk sel-sel rusak di mana bisa berdampak pada kondisi negatif tertentu dalam tubuh.

Manfaat air beras lainnya dapat mencegah radikal bebas. Kandungan vitamin A dan C pada air beras berfungsi efektif mencegah radikal bebas. Selain itu, air beras juga memiliki kandungan anti oksidan yang dapat melindungi tubuh Anda dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga:
Rahasia Pada Kode 03031 yang Viral di TikTok, Yang Mengandung Arti Vulgar

2. Mengontrol Produksi Minyak Di Wajah

Manfaat air beras yang terakhir adalah membantu mengatasi kelebihan minyak di wajah. Dengan mencuci muka menggunakan air beras, makaakan membantu mengatasi minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit wajah. Cara mengurangi produksi minyak di wajah sebenarnya tidak terlalu sulit apabila kita sudah menemukan skincare yang tepat.

Selain memperhatikan komposisi, ketelatenan dalam menggunakan produk juga bisa berpengaruh. Karena sebagus apapun skincare yang kamu miliki akan percuma jika tidak rutin pemakaiannya.

3. Menyamarkan Flek Hitam

Manfaat air cucian beras yang jarang diketahui adalah membantu memudarkan flek hitam. Kandungan oryzanol dalam beras juga bermanfaat untuk memudarkan flek hitam atau bekas jerawat. Flek hitam atau noda hitam atau bintik gelap pada kulit dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya, sinar matahari, perubahan hormon, peradangan kulit, efek samping obat, dan iritasi produk. Adapun penyebab lainnya yaitu efek penyakit, seperti diabetes. Penyakit ini dapat memicu bintik-bintik pada kulit. 

4. Mengobati Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum terjadi, baik pada pria maupun wanita. Jerawat muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum atau minyak alami kulit yang berlebihan, sel kulit mati, dan bakteri. Selain area wajah, jerawat juga dapat muncul di beberapa area tubuh lain, seperti dada, punggung, dan bahu.

Air beras memiliki kandungan allantoin yang dapat membantu mengatasi jerawat. Allantoin merupakan senyawa antibakteri yang berfungsi efektif menenangkan kulit berjerawat. Selain itu, air beras juga memiliki sifat yang dapat mengontrol minyak. Sehingga wajah Anda akan terlihat lebih cerah dan terhindar dari minyak di kulit.

5. Mencerahkan Kulit

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah sehat, sebaiknya rutin mencuci wajah menggunakan air beras. Manfaat air beras ini didapat karena mengandung gamma oyzanol yang berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu mencerahkan kulit. Jika difermentasi, air beras akan memproduksi pitera. Inilah kandungan ampuh yang dipercaya menjadikan kulit lebih bening bercahaya.

Manfaat air cucian beras juga membantu mengecilkan pori – pori. Karena kandungan dalam air beras berperan dalam membantu meringkas pori-pori yang lebar. Caranya dengan menambahkan air beras dengan jeruk nipis atau lemon kemudian gunakan rutin setiap hari sebagai toner wajah.

Ikuti:

Sumber : hot.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *