Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

TEKNOTERPOPULER

Perlu Diketahui apa itu Sound Card dan Fungsinya ?

sumber gambar : laptopnesia.com

Perangkat ini penting adanya pada sebuah komputer, namun banyak yang tidak menyadari keberadaan dan nama alat tersebut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perangkat komputer yang berperan dalam menampilkan file keluaran dari proses dalam bentuk suara.

Sound card bisa menjadi sebuah komponen yang sangat bermanfaat tak hanya bagi para profesional multimedia dan gamer, namun juga untuk pengguna pada umumnya. Soundcard sendiri terdiri dari beberapa macam sesuai dengan fungsinya. Soundcard untuk keperluan sehari-hari seperti mendengarkan musik ataupun bermain game, tentu berbeda dengan soundcard untuk audio engineering.

Sound card secara bahasa berasal dari bahasa inggris “sound” berarti suara, dan “card” berarti kartu, jika diartikan seluruhnya soundcard artinya kartu suara. Dalam bahasa sehari-hari mungkin ini tidak akan berarti apa-apa, namun dalam bidang komputer, terutama masalah komponen dan hardware, fungsi sound card ini sangat penting.

sumber gambar : kumparan.com

Soundcard adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang fungsi utamanya sebagai pengolah data untuk audio dan suara. Audio atau suara yang muncul melalui speaker atau headset pada komputer atau laptop adalah hasil olahan data soundcard. Jika anda mengaktifkan aplikasi multimedia pada komputer, namun tidak keluar suara atau audionya maka bisa dibilang ada masalah pada soundcardnya.

Baca Juga : Sony Xperia 5 IV Siap Meluncur dengan Snapdragon 8 Gen 1

Soundcard ini terhubung ke komputer melalui slot ISA atau PCI pada motherboard. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan teknologi, soundcard memiliki slot USB atau ditancapkan di socket biasanya disebut sound card eksternal. Berikut pembagian soundcard menurut tempat pemasanagannya :

1.   Soundcard Onboard

Adalah soundcard yang sudah terpasang dan sudah ada pada mainboard komputer. Soundcard ini sudah dipasang oleh pihak yang memproduksi mainboard, jadi soundcard ini tidak bisa dilepas dari mainboard. Soundcard ini berbentuk chipset, dan untuk pengoperasiannya soundcard ini membutuhkan bantuan processor. Soundcard ini sudah cukup jika hanya digunakan untuk memutar musik.

2.   Soundcard Offboard

Soundcard ini merupakan soundcard yang diletakkan pada slot ISA atau PCI yang ada di mainboard, namun kebanyakan mainboard saat ini mengunakan slot PCI. Soundcard ini dapat mengoptimalkan suara yang dihasilkan oleh speaker komputer anda. Karena kualitas suara yang dihasilkan lebih bagus daripada hanya menggunakan soundcard onboard, soundcard ini tidak digunakan jika hanya untuk keperluan memutar musik saja. Itu terjadi karena soundcard ini memiliki harga yang mahal.

3.   Soundcard External

Dalam penggunaanya soundcard ini dipasang pada port eksternal yang ada pada komputer seperti USB, soundcard ini mampu menghasilkan suara dengan kualitas tinggi. Dan soundcard ini sangat cocok diigunakan untuk merekam suara.

sumber gambar : nesabamedia.com

Soundcard berfungsi mengeluarkan suara yang dihasilkan oleh proses komputer. Namun soundcard juga memiliki beberapa fungsi utama yaitu sebagai penerjemah sinyal analog menjadi sinyal digital saat anda melakukan proses perekaman suara, soundcard juga bisa menerjemahkan sinyal digital menjadi sinyal analog saat anda ingin mendengarkan sebuah file suara. Soundcard juga berfungsi sebagai synthesizer dan juga sebagai MIDI interface.

Baca Juga : Diduga Data Bocor 1,3 Miliar Pada Data Registrasi Kartu SIM Pengamat Sebut Datanya Valid

Secara umum fungsi sound card sebagai berikut :

1. Sound Card berfungsi untuk mengkoversi sinyal digital dan analog ke bentuk gelombang sonic

2. Sound Card berfungsi sebagai alat yang membantu memproses audio/suara komputer

3. Sound Card berfungsi untuk meningkatkan kualitas input dan output suara/audio misalnya kualitas audio surround HD, home theater, dan bioskop.

sumber gambar : nesabamedia.com

Perlukah Menggunakan Sound Card?

Hal ini tergantung pada beberapa faktor. Faktor pertama adalah tipe perangkat audio seperti apa yang kamu gunakan. Apakah kamu menggunakan speaker berukuran besar, sebuah headphone yang sangat mahal atau sekadar menggunakan earphone yang ada saja? Selain itu apakah kamu menggunakan komputer untuk kebutuhan mixing audio atau untuk bermain game dan ingin mendapatkan pengalaman terbaik?

 Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui adalah apabila kamu sudah menggunakan motherboard high-end, maka penggunaan sound card bisa kamu evaluasi kembali. Pasalnya, motherboard tersebut biasanya sudah dibekali dengan komponen audio yang sangat mumpuni untuk bisa mengimbangi penggunaan headphone yang memiliki impendansi tinggi.

Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *