Segarnya Sirup Markisa Minuman yang menyegarkan suasana hati

Buah markisa merupakan buah eksotis yang sangat terkenal dengan rasanya yang enak. Tidak hanya bisa diminum langsung, buah markisa juga diolah menjadi sirup yang sangat nikmat. Minuman ini lebih enak dan menyegarkan jika disajikan dengan es. Daya tarik utama dari sirup ini adalah rasanya yang manis dan asam.

Markisa dikenal sebagai buah yang bergizi. Buah ini kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah markisa yang diolah dalam sirup markisa juga memiliki manfaat yang sama. Nilai gizi buah markisa memiliki kemampuan melindungi sel dan menjaga metabolisme tubuh. Buah markisa juga membantu sirkulasi darah dan meremajakan kulit. Menderita kaya akan serat yang juga baik untuk pencernaan. Lebih penting lagi, buah ini dapat mencegah penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Buah markisa dapat ditemukan di banyak tempat di Indonesia, terutama di dataran tinggi. Salah satunya kota Medan yang terkenal dengan produksi sirup markisa. Sirup ini mudah ditemukan dan menjadi tujuan wisatawan yang berkunjung ke kota Medan.

Sirup markisa Medan banyak dikembangkan oleh industri rumahan, dimana proses produksinya sederhana dan alami. Sirup buatan sendiri juga memiliki khasiatnya sendiri. Sirup markisa medan biasanya berwarna kuning tua dan teksturnya kental. Tampilan ini menambah dahaga semua orang yang melihatnya. Sirup markisa homemade ini memiliki rasa segar yang sama dengan sirup markisa lainnya.

sumber: intisari

Sirup Markisa Noerlen merupakan salah satu produsen sirup markisa homemade di Medan. Berlokasi di Desa Babra, Kecamatan Medan Baru, Medan, Norlen merupakan salah satu tempat terbaik bagi para wisatawan yang mencari oleh-oleh sirup markisa. Kesegaran sirup buah markisa bisa Anda rasakan dalam gelas kecil yang disiapkan untuk para tamu. Wisatawan yang berkunjung ke sana juga bisa melihat langsung proses produksi sirup markisa. Wisatawan juga bisa mencicipi buah markisa yang dipetik dari pohon tepat di belakang rumah.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengamati proses pengupasan buah markisa dengan menggunakan peralatan modern. Setelah dikupas, buah markisa diperas sehingga menghasilkan sari buah markisa berwarna jingga tua. Sirup kemudian direbus, dibotolkan dan ditutup dengan plastik, yang diletakkan di atas kukusan.

Proses alami ini membuat Sirup Markisa Noerlen memiliki kualitas dan popularitas yang tinggi. Proses ini memang merupakan tradisi keluarga yang diturunkan oleh pendirinya yaitu Hj Noerlen sejak tahun 1985. Selain sirup, industri sirup markisa Noerlen juga meliputi minuman dingin, makaroni, orong-orong dan selai.

Kulit buah markisa juga banyak dijadikan oleh-oleh cantik. Saat Anda mengunjungi industri rumahan sirup buah markisa Noerlen, Anda juga bisa melihat lukisan yang terbuat dari kulit buah markisa. Selain itu, Noerlen juga menjual bubuk buah markisa untuk diseduh. Banyak wisatawan yang membeli minuman bubuk ini karena tidak ingin repot membawa bungkus sirup dalam botol.

Harga buah markisa di pasaran cocok baik bagi petani, pedagang maupun konsumen. Harga 15.000/kg dinilai pas dan murah karena produsen buah markisa berada di dekat Kota Medan.

sumber: intisari

Buah markisa sendiri banyak terdapat di Sumatera Utara dan merupakan komoditas unggulan dari daerah Tanah Karo Berastagi. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak produk buah-buahan di Sumatera Utara yang salah satunya diolah menjadi sirup markisa yang berwarna kekuning-kuningan dan rasanya asam manis. Banyak produsen yang memproduksi sirup markisa di Medan, namun merek sirup markisa yang cukup terkenal adalah “Pohon Pinang” produksi PT. Pohon Pinang Maju Jaya didirikan pada tahun 1982.

Saat ini telah hadir varian rasa baru Sirup Pinang yaitu sirup terong belanda yang juga disukai wisatawan yang berkunjung ke kota Medan. Cocok juga untuk disajikan sebagai minuman dingin di cuaca panas.

IKUTI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *