Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

FOODTERKINI

Lembutnya Bika Ubi Khas Kota Medan

MEDAN merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata di Indonesia, selain itu tujuan wisata banyak terdapat di ibu kota provinsi Sumatera Utara, salah satunya yang paling terkenal adalah Danau Toba.

Tak hanya itu, Medan terkenal dengan kuliner khasnya aneka produk seni, juga banyak oleh-oleh khas.

Jika Anda berwisata ke daerah yang sebagian besar dihuni oleh suku Batak ini, berikut kami sajikan oleh-oleh ubi Bika paling terkenal dari Medan!

Itu tidak sulit atau mudah dilakukan. Jika Anda salah melakukannya, hasil akhirnya akan buruk dan Anda tidak akan mau melakukannya lagi. Bika yang baik harus memiliki aroma dan rasa yang dapat memuaskan selera kita.

Setidaknya yang kurang lebih bisa menggantikan kualitas rasa bika singkong, pertama dari jenis bahan bakunya, kemudian dari pemilihan bahan baku segar hingga cara penyajian. Jangan khawatir jika ingin membuat bika ubi enak di rumah, jika tahu triknya, masakan ini bisa menjadi resep terlezat sedunia.

Kue Bika Ubi atau ada juga yang menyebutnya Bika Singkong merupakan salah satu jenis Bika yang bisa kita beli saat membeli oleh-oleh khas Medan.

Di Medan sendiri, Bika Ubi Bintang sangat terkenal. Berada diantara Bika Ambon membuat Bika Ubi Bintang berbeda dari yang lain. Jika kita membeli Bika Ubi Jalar Panggang ini jauh-jauh hari, kita harus mengetahui kerangka waktu pembuatannya. Karena tidak jarang banyak yang kecewa karena tidak bisa mendapatkan Bika Ambon Ubi itu.

Berbeda dengan bika Ambon biasa yang selalu ready stok. Namun ternyata memasak bika ubi panggang tidak sesulit yang kita kira. Bahkan cukup sederhana. Selain itu bahan bakunya hanya ubi jalar atau singkong yang bisa kita dapatkan dengan mudah dari mana saja.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Bika ubi:

  1. Gunakan 800 gr singkong parut
  2. Gunakan 4 sdm tepung tapioka
  3. Siapkan 1/2 sdt garam
  4. Siapkan 1/2 sdt vanili
  5. Ambil 230 gr gula pasir
  6. Ambil 2 butir telor ayam
  7. Sediakan 400 ml santan(3x65gr santan kara di larutkan air hingga 400ml)
  8. Sediakan 100 gr margarine di lelehkan
  9. Siapkan Topping; keju parut dan choco chip

Langkah-langkah membuat Bika ubi.

  1. siapkan terlebih dahulu ubi kayu, kemudian kupas kulitnya, lalu cuci hingga bersih dan getah ubi nya hilang.
  2. Setelah itu potong-potong ubi untuk memudahkan saat kita parut.
  3. Kemudian parut ubi yang telah kita potong tadi, jangan sampai serat kasar bagian tengah ubi ikut terparut.
  4. Setelah selesai semua nya kita parut, kemudian timbang, lalu ambil sebanyak 800 gr dari hasil parutan tadi.
  5. Setelah itu kita peras parutan tadi dan jangan lupa disaring menggunakan saringan halus.
  6. Kemudian masukkan hasil perasan tadi kedalam mangkokl, lalu sisihkan singkong parut.
  7. Lalu kita diamkan air perasan singkong tadi selama lebih kurang 10-15 menit. Saat muncul permukaan atas nya perlahan-lahan buang bagian permukaannya, hingga yang tersisa hanya pati singkong nya saja ang berada dibawah mangkok.
  8. Buang air perasan singkong yang telah kita pisahkan dengan pati nya tadi supaya tidak menimbulkan rasa pahit pada bika ubi nya
  9. Kemudian campurkan pati ubi nya tadi dengan gula, santan, telur kocok, garam, vanili dan pewarna lalu masukan kedalam satu wadah sampai berbentuk adonan.
  10. Sekarang kita akan memanggang bika ubi panggang nya.
  11. Pertama kita olesi loyang bisa berbentuk bulat ataupun yang bentuk lain nya.
  12. JIka kita ingin membuat banyak bisa kita gunakan loyang berukuran yang lebih kecil.
  13. Gunakan margarin untuk olesan loyang nya, oleskan tipis dan merata.
  14. Lalu masukkan adonan kedalam masing-masing loyang yang telah kita olesi margarin tadi, kemudian ratakan permukaan adonan dengan menggunakan sendok, setelah rata kemudian panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu gunakan suhu 180 derajat celcius.
  15. Panggang adonan bika ubi kayu selama lebih kurang 45-60 menit.
  16. Sebelum nya, jika adonan sudah berubah warna saat di panggang, angkat keluar terlebih dahulu, lalu olesi tipis bagian adonan dengan madu dan taburan keju parut bagian atas.
  17. Kemudian panggang kembali hingga matang dan berwarna kecoklatan
  18. Setelah matang angkat dan dinginkan terlebih dahulu. Jangan memotong bika ubi dalam keadaan masih panas, karena akan menghancurkan bika nya, karena mendinginkan nya terlebih dahulu adalah bagian untuk memadatkan bagian dalam bika nya.
  19. Setelah dingin potong sesuai keinginan.

Tekstur bika ubinya mirip dengan bika ambon, lunak dan keras, dan cara mengeluarkannya dari loyang cukup ditusuk tusuk sate di pinggir loyang, agar bika ubi tidak lagi menempel di loyang.

Kemudian perlahan-lahan pegang satu sisi dan mulailah mengangkat bika sampai semua sisi dan potongannya terlepas dari loyang.

Bika Ubi Bintang yang paling terkenal adalah Bika Ubi Bintang asli, Bika Ubi Bintang merupakan oleh-oleh khas Medan berupa kue bika yang diolah dari bahan dasar singkong pilihan sehingga mendapatkan tekstur yang berbeda dari kue bika lainnya. .

Teksturnya lebih padat, namun tetap lembut dan dengan rasa manis yang pas. Sudah menyandang tanda halal MUI, produk Bika Ubi Bintang ini juga memiliki rasa keju dan coklat original.

Cocok untuk pecinta teh atau kopi dan oleh-oleh khas Medan. Di Omiyago, temukan Bika Ubi Bintang oleh-oleh khas Medan. Jaminan mutu rasa dan kemasan tetap terjaga hingga produk sampai ke tangan Anda.

Ingatlah untuk menyimpannya pada suhu kamar dan hindari sinar matahari untuk rasa dan tekstur yang baik jika.

Kue ini rasanya lembut dan sangat enak, cocok untuk cemilan keluarga sambil duduk di teras.

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *