Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

HEALTHTERPILIH

Enaknya Mangga Toba di Pulau Sibandang

Mangga merupakan buah yang banyak diminati oleh banyak orang. Jika Anda berkunjung ke daerah Samosir atau Danau Toba, Anda bisa mencoba jenis mangga yang enak disebut Mangga Sibandang. Mangga ini tidak hanya cocok untuk dikonsumsi langsung, tetapi juga sering dipilih sebagai oleh-oleh khas Danau Toba.

Mangga ini merupakan buah musiman yang berbunga di daerah Sibandang. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke daerah Samosir yang penasaran dan mencoba kelezatan Mangga Sibandang.

Mangga sibandang dijual dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari mangga lainnya. Namun mangga ini sangat menarik untuk dicoba karena menawarkan rasa yang sangat manis dan tidak ada rasa asam sama sekali. Saat musim panen tiba, wisatawan yang datang ke kawasan Tobajärvi akan dengan mudah menjumpai penjual mangga ini. Mangga Sibandang bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp 45.000 per kilo. Jika bingung oleh-oleh Danau Toba mana yang harus dibawa pulang, Mangga Sibandang jelas merupakan pilihan yang tepat.

Mangga Sibandang ini banyak tumbuh terutama di daerah Pulau Sibandang Samosiri. Mangga Sibandang terkenal dengan bentuknya yang unik dan rasanya yang sangat manis.

Keunikan mangga sibandang adalah ukurannya yang bisa dibilang mini, lebih kecil dari mangga kebanyakan seperti mangga harum manis, mangga golek dan beberapa jenis mangga besar lainnya.

Mangga ini biasa dijajakan di sepanjang Jalan Lingkar Samosir, mulai dari daerah Tomok yang merupakan pusat peradaban lama Kerajaan Samosir, hingga daerah Pangururan.

Sumber: Foto Caption: Mangga Toba

Pulau Sibandang atau Pulau Pardepur di kawasan Danau Toba dikenal sebagai daerah penghasil mangga. Itu sebabnya ada banyak buah mangga di setiap sudut pulau. Mangga yang dihasilkan di pulau ini memiliki rasa yang manis.

Daging buahnya berwarna kuning dan berserat, namun lembut dan penuh dengan sari buah. Mangga Sibandang mudah ditemukan jika Anda mengunjungi Pulau Sibandang pada bulan Januari atau Februari. Pasalnya, selama dua bulan tersebut merupakan musim panen mangga Sibandang.

Kandungan nutrisi dalam buah mangga

Sumber: Foto Caption: Mangga Toba

Satu porsi 100 gram mangga mengandung:

  • 86,6 gram air,
  • 0,7 gram protein,
  • 0,5 gram lemak,
  • 12,3 gram karbohidrat,
  • 12 miligram vitamin C,
  • 35 persen vitamin A,
  • 20 persen folat, serta
  • 8 persen vitamin K dan kalium.

Buah asam manis ini juga mengandung tembaga, kalsium, zat besi dan antioksidan seperti zeaxanthin dan betakaroten.

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *