Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

SPORTSTERKINI

Olahraga Bola Tangan (Handball), Kenali Manfaatnya

Bola tangan atau handball adalah salah satu cabang olahraga yang banyak menggunakan bola dalam permainannya. Tidak seperti sepak bola, Anda menggunakan lebih banyak tangan untuk melempar dan mengoper bola. Bagaimana permainan bola tangan bisa berkembang sejauh ini? Apa manfaat kesehatannya? Cek informasinya sebagai berikut.

Teknik dasar permainan bola tangan

sumber: penjaskes

Seperti teknik bola basket dan sepak bola, bola tangan memiliki beberapa teknik dasar yang harus dipelajari dan dikuasai. Berikut adalah teknik-teknik menurut pedoman International Handball Federation.

1. Melempar dan mengoper bola

Saat bermain bola tangan, Anda melempar banyak bola. Ada banyak teknik melempar, seperti satu tangan, dua tangan, di depan dada atau di atas kepala. Teknik ini membuat Anda menguasai bola hingga mengenai gawang.

2. Menangkap bola

Selain mengoper, Anda juga bisa menangkap bola. Teknik ini melatih kelenturan tubuh dan refleks karena pemain dapat menangkap bola sambil berdiri atau bergerak.

3. Menggiring bola

Tujuan dari teknik menggiring adalah membawa bola ke area lawan sehingga bisa mencetak gol. Anda dapat menetes dengan satu atau dua tangan. Keterampilan yang diperlukan di sini adalah kelenturan dan kelincahan tubuh yang baik.

4. Menembak bola

Seperti dalam teknik sepak bola, tujuan dari teknik menembak adalah mengenai gawang lawan. Ada banyak teknik dan posisi menembak bola ke gawang yang semuanya mengandalkan otot lengan yang kuat. Teknik bermain bola tangan terdiri dari teknik dasar menangkap atau mengoper bola, teknik menggiring bola dan teknik menembak. Berikut penjelasan lengkapnya:

Teknik dasar menangkap atau mengoper bola terdiri dari dua cabang olahraga yaitu dua tangan dan juga satu tangan.

  • Passing Dua Tangan

Passing dengan dua tangan dapat dilakukan untuk memberi makan setinggi dada. Selain itu, operan dua tangan meliputi overhand, operan pantulan, operan jatuh, dan lemparan tanah.

  • Passing Satu Tangan

Dalam teknik passing satu tangan terdiri dari passing lompat, samping dan belakang. Sejarah permainan bola tangan yang menggabungkan sepak bola dan juga bola basket membuat pemainnya bergerak atau memantulkan bola. Sedangkan dribbling adalah cara membawa bola yang dilakukan dengan cara memantulkan bola dengan satu atau dua tangan. Atlet dapat berlatih teknik dribbling seperti bola basket. Tujuan dribbling bola ini adalah untuk memperlambat laju permainan, menerobos pertahanan lawan dan mencari peluang menyerang.

Jenis-Jenis Permainan Bola Tangan

Ada tiga jenis permainan bola tangan antara lain:

  1. Outdoor handball, permainan bola tangan ini dimainkan oleh 11 pemain di lapangan terbuka.
  2. Indoor handball, permainan bola tangan ini dimainkan oleh 7 pemain di lapangan tertutup.
  3. Permainan bola tangan gabungan, dimainkan di lapangan terbuka, tetapi menggunakan peraturan indoor handball.

Manfaat permainan bola tangan bagi kesehatan

sumber: penjaskes

Bola tangan merupakan olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari olahraga ini.

1. Menambah massa otot

Bola tangan sangat cocok untuk membangun massa otot. Demikian diungkapkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sport and Health Science pada 2018. Setelah 12 minggu rutin melakukan handball, massa otot subjek bertambah 900 gram.

2. Menurunkan massa lemak

Selain peningkatan massa otot, penelitian yang sama juga mengamati penurunan massa lemak para partisipan. Karena temuan ini, handball bisa dibandingkan dengan tempat pembakaran lemak lainnya.

3. Menjaga kekuatan tulang

Bermain handball selama 12 minggu ternyata juga mampu meningkatkan massa paha sebesar 0,8 persen. Temuan ini penting karena massa tulang paha dapat mengindikasikan risiko osteoporosis.

4. Meningkatkan stamina

Handball membuat darah mengalir dan melatih pernapasan. Seiring waktu, kedua hal ini akan membangun stamina Anda sehingga Anda bisa tampil baik di lapangan.

5. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Anda banyak berlari selama olahraga seperti sepak bola dan bola tangan. Latihan kardio jenis ini bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, melatih detak jantung dan menjaga kesehatan jantung.

6. Meningkatkan kelincahan dan kelenturan

Berlari, menggocek lawan, mengoper dan menendang bola ke gawang melatih kelincahan dan kelenturan tubuh. Juga, refleks Anda lebih baik dari sebelumnya. Bola tangan adalah olahraga dengan prinsip yang mirip dengan sepak bola, tetapi bola dimainkan dengan tangan, bukan kaki. Bola tangan juga merupakan olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Demikian pembahasan dan penjelasan tentang Handball, Simak aturan dan manfaatnya, semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi sobat semua, terima kasih.

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *