Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

TERKINIWISATA

Wisata di Puncak 2000 Siosar, Negeri di atas Awan

Puncak 2000 Siosar merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang paling populer saat ini. Tempat ini awalnya merupakan tempat pemukiman kembali para pengungsi dari Gunung Sinabung. Disebut Puncak 2000 karena tingginya hampir 2000 meter di atas permukaan laut. Wisata puncak ini terletak di sebuah bukit bernama Bukit 2000 Siosar Kabanjahe. Kawasan pegunungan itu dulunya merupakan kawasan pemukiman kembali para pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung.

Sebelum menjadi daerah relokasi, tempat ini merupakan kawasan hutan yang sangat luas. Daerah ini juga termasuk dataran tinggi Kabupaten Karo. Dataran tinggi ini disebut Dataran Tinggi Siosar. Baris tengah di sini adalah apartemen baru yang berfungsi untuk pengungsi. Pekerjaan konstruksi akan berlanjut hingga 2019 dan telah mencapai tahap 3 dari target keseluruhan 892 hunian.

Puncak 2000 Siosar merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang paling populer saat ini. Kini kawasan ini telah berubah menjadi tempat wisata yang sangat populer dengan berbagai view point, akomodasi dan wahana yang instagrammable. Terletak 1.750 meter di atas permukaan laut, tempat ini sering dikunjungi oleh penduduk lokal maupun turis mancanegara dari kota Medan.

Daya Tarik Puncak 2000 Siosar

sumber: salsawisata

Siosar adalah pusat pemukiman kembali pada tahap awal, yang didirikan oleh pemerintah daerah. Ada 900 hunian di bawah Bukit 2000. Beragam fasilitas juga telah dibangun. Tempat ini sering disebut negeri di atas awan. Sebuah tempat yang menawarkan komplek perumahan yang berjajar perbukitan atau yang lebih dikenal dengan sebutan pemukiman siosar selain spot foto. Penduduk tempat ini cukup ramah bahkan menaikkan taraf ekonomi mereka dengan bercocok tanam dan menjual makanan kepada wisatawan.

Ada kedai kopi yang menarik seperti Zia Coffee dan Madu Efi. Tempat ini juga menawarkan penginapan yang menarik. Zia Coffee sendiri merupakan tempat nongkrong anak-anak zaman sekarang. Tempat ini juga menjadi kafe favorit bagi wisatawan yang menyukai minuman pahit ini. Suasana di kafe ini benar-benar hangat dan nyaman. Desain fasad bangunan juga menjadi ciri khas yaitu segitiga yang dindingnya terbuat dari kombinasi kayu dan kaca. Lokasi kafe ini juga sangat strategis yaitu berada di sebelah jalan menuju area hiking yang kini juga menjadi tujuan wisata.

Fasilitas Puncak 2000 Siosar

sumber: sumut idntimes

Dari segi pelayanan, tempat wisata ini memiliki beberapa fasilitas umum yang cukup luas. Selain itu, kondisi masing-masing lembaga cukup baik. Misalnya tempat parkir memiliki area yang luas, sehingga bisa menampung banyak kendaraan. Toilet dan kamar mandi juga sangat mudah ditemukan di sini. Tersedia juga mushola. Bangunan mushola ini memiliki ruang untuk wudhu dan peralatan sholat.

Warung-warung kecil yang menjual aneka makanan dan minuman ringan bisa menjadi pilihan pengunjung yang ingin berbelanja. Fasilitas Puncak 2000 Siosar sebagian besar adalah fasilitas wisata kuliner. Memiliki kafe dan warung yang menjual makanan memudahkan Anda, terutama bagi yang tidak membawa perlengkapan saat datang ke Puncak 2000 Siosar.

Lokasi dan rute

sumber: Puncak 2000 Siosar (dok. pribadi/Ika Anindia Putri)

Lokasi kawasan wisata unggulan ini merupakan kawasan perbatasan antara Dairi dan Karo. Khususnya di Pertibi Lama, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Jika dari Kabanjahe jaraknya cukup dekat yaitu 20,3 km atau sekitar 40 menit. Berbeda karena waktu tempuh dari Kota Medan bisa sampai 3 jam. Puncak Siosar dapat dikunjungi melalui berbagai tempat. Namun hanya dua jalan tersebut yang aksesnya mudah, yakni melalui Kabanjahe dan Merek di jalur yang disebut Pertibi Tembe.

Harga Tiket Masuk Puncak 2000 Siosar

sumber: instagram.com/aulia.pasaribu

Sebagai wisata Gunung Merapi, kawasan yang terkena dampak erupsi juga bisa menjadi destinasi wisata baru. Menjadi khusus desa wisata. Wisatawan yang datang ke kawasan ini tidak perlu membayar denda apapun karena destinasi ini merupakan tempat wisata gratis di Medan. Namun, ada biaya tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata di kawasan tersebut.

RetribusiTarif
Tiket MasukGratis
Tiket Masuk Zia CoffeeMulai dari Rp15.000,00/ orang
Parkir MotorRp5.000,00/ unit
Parkir MobilRp10.000,00/ unit
Parkir BusRp20.000,00/ unit

Jam Operasional Puncak 2000 Siosar

Wisata gunung siosar ini buka setiap hari, bahkan saat hari libur sekalipun. Menyiapkan menu bakar untuk makan malam, menikmati dinginnya suasana malam, hangatnya suasana berkumpul bersama keluarga, kerabat atau sahabat.

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *