Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

HEALTHTERKINI

Macam Info Palsu Bawang Putih Bisa Menyembuhkan Penyakit, Simak Faktanya

(foto:orami.co.id)

Jakarta – Bawang putih kerap menjadi bahan hoaks dan diklaim bisa menyembuhkan sejumlah penyakit. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Bawang putih memang memiliki bau yang menyengat dan membuat sebagian orang tidak menyukainya. Namun, sudah sejak lama bawang putih digunakan sebagai obat bahkan menjadi makanan yang dikonsumsi oleh budaya timur kuno. Hingga saat ini, bawang putih masih terus eksis digunakan baik sebagai obat maupun tambahan makanan.

Lalu apa saja hoaks terkait bawang putih? Berikut beberapa di antaranya:


1. Tidak Benar Menempelkan Bawang Putih di Lubang Telinga dan Hidung Bisa Sembuhkan Sinusitis

Klaim menaruh atau meletakkan bawang putih di lubang telinga dan hidung dapat menyembuhkan sinusitis beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 5 Agustus 2020.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi cara menyembuhkan sinusitis dengan menaruh bawang putih di lubang telinga dan hidung.

BAWANG PUTIH SAHABAT KITA

-TELINGA gatal
-HIDUNG mampet
-TENGGOROKAN gatal
-Influenza
-Sakit Kepala

Baca Juga : Ciri-ciri Gigi Sehat dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Tubuh


2. Tidak Benar Sakit Gigi bisa Sembuh dengan Melakban Bawang Putih di Pergelangan Tangan

Beberapa waktu lalu beredar informasi sakit gigi bisa sembuh dengan melakban bawang putih di pergelangan tangan. Informasi tersebut diunggah oleh salah satu akun Facebook.

Unggahan sakit gigi bisa sembuh dengan melakban bawang putih di pergelangan tangan ini mendapatkan 27 komentar, 80 ribu dibagikan, dan 5 ribu disukai olehwarganet.

Berikut adalah narasi klaim sakit gigi bisa sembuh dengan melakban bawang putih di pergelangan tangan yang ada dalam akun Facebook tersebut.


3. Tidak Benar Bawang Putih Bisa Keluarkan Cairan di Paru-paru Akibat Covid-19

Beredar di aplikasi percakapan dan media sosial pesan berantai berisi video cara membersihkan cairan lendir di paru-paru akibat covid-19. Postingan itu ramai dibagikan sejak akhir pekan lalu.

Dalam video yang beredar terdapat seseorang yang memasukkan bawang putih ke dalam hidungnya. Orang tersebut mengklaim bawang putih bisa mengeluarkan lendir dan mengembalikan indera penciuman.

Selain itu video itu juga dilengkapi narasi:

“Paru2 tak bisa memompa dan memasukkan oksigen karna dipenuhi cairan lendir yg kental.Jadi paru2 sulit untuk bekerja.Cara yg paling efektif mengeluarkan lendir dr paru2 sebenarnya mudah..Ambil 2 siung b putih masukan kehidung seperti vidio..Biarkn selama 15 – 20 mnt..mata terasa perih tak apa2 membersihkan kotoran mata..Setelah 15 – 20 mnt lepas b putih tadi..Nanti lendir banyak yg berada d paru2 keluar dr hidung..dpt dilakukan selang 2 jm sekali..biar paru2 terbebas dr lendir yg menggang pernafasan..tlng disebarkn agar yg sakit / belum tertular dr covid 19 terselamatkn…Aamiin”

Apa kandungan zat gizi bawang putih?

Bawang putih adalah umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum. Bawang berwarna putih ini masih termasuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae), dan bersaudara dengan daun bawang dan bawang merah.

Berambang putih adalah umbi siung asli budidaya Asia Tengah, tetapi juga bisa tumbuh di Italia dan daerah selatan Perancis. Dalam satu buah bawang putih biasanya terdapat 1 – 10 siung. Setiap siungnya itu sendiri memiliki berat sekitar 6 – 8 gram.

Untuk 100 gram berambang putih, kandungan gizinya mencakup:

  • kalori,
  • 1 gram karbohidrat,
  • 0,2 gram protein,
  • 0,1 gram serat,
  • 0,1 miligram mangan,
  • 0,9 miligram vitamin C,
  • 5,4 miligram kalsium,
  • 0,4 mikrogram selenium, dan
  • sederet antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.

Berambang putih juga diperkaya oleh senyawa sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan dialil trisulfida. Ketika bawang putih mentah dikunyah dalam mulut, zat-zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk senyawa yang disebut allicin.

Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *