Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

FOODTERKINI

Ragam Makanan Khas Medan dengan Cita Rasa Nusantara

Kuliner khas Medan memang dikenal bisa membuat rindu dan menggugah selera. Tentunya keragaman suku dan budaya di Tanah Del turut menyumbang cita rasa kuliner yang unik dan beragam. Suku Melayu, Batak, Mandailing, Aceh, Minang, Tionghoa, dan India Tamil mewarnai kekayaan kuliner kota ini.

Kota Medan, ibu kota Sumatera Utara, memiliki banyak hal yang harus dilakukan. Selain keragaman budaya dan keindahan alamnya yang menyentuh, menikmati kuliner kota Medan merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan dalam aktivitas.

Dijuluki Kota Melayu Deli, kota ini memiliki kuliner yang nikmat dan selera makan yang terus bertambah. Selain itu, Medan terkenal dengan kuliner bumbu dan bumbu melayunya.

Hampir semua jenis makanan ada mulai dari santan pedas, manis dan gurih dan dari masakan legendaris hingga modern. Daripada hanya membayangkan kelezatannya, disini kami menawarkan beberapa masakan khas Medan untuk dicoba.

1. Nasi Gurih Medan

Sumber: id.theasianparent/makanan-khas-medan/

Tidak lengkap rasanya jika tidak menyebut nasi asinnya. Sajian yang satu ini memang tidak jauh berbeda dengan nasi uduk. Nasi yang dimasak dengan santan memberikan aroma harum pada nasi, dan jangan lupa menambahkan berbagai bahan tambahan. Keistimewaan nasi asin Medan adalah nasinya selalu dilengkapi dengan lauk yang wajib ada, biasanya telur goreng atau ayam goreng. Kemudian tambahkan sayur tauka pedas, sambal kacang teri, tak lupa keripik kentang. Cukup satu takaran saja, kenyang sampai makan siang.

2. Lontong Sayur Medan

Sumber: Lontong sayur. (Instagram/@taunyamakan)

Biasanya lontong sayur dijual satu keranjang dengan nasi asinnya. Mereka berteman dengan lontong, tentu mereka juga menawarkan nasi asin, kuah lontong meda khas dengan rasa manis yang ringan dan santan. Tidak kental seperti ketupat opor atau ketupat lebaran vegeta. Masakan Medan-lontong terdiri dari tau pedas, telur atau ayam, keripik dan sayur nangka atau labu siam. Disantap dengan gulai sayur, sambal ikan teri dan bihun goreng menambah cita rasa gurih pada lontong sayur khas Medan yang biasa disantap bersama keluarga ini.

3. Mi Balap

Sumber:id.theasianparent /makanan-khas-medan

Selain hobi membuat singkatan nama tempat, benda, bahkan kata kerja, orang Medan juga sering membuat ekspresi yang unik. Sesuai namanya masakan ini bernama mie balap. Singkatnya, mie balap disebut demikian karena proses memasaknya cepat, seperti berpacu dengan waktu, yaitu. mie balap. Padahal, mie balap hanyalah mie goreng untuk sarapan yang terbuat dari tiga jenis mie. Ada mie biasa, kwetiaw dan mie kuning. Orang tua biasanya diminta untuk memilih jenis mie yang mereka inginkan saat berbelanja. Mie kompetisi dimakan panas. Toh, mie langsung disajikan di piring pelanggan setelah ditarik dari wajan. Kemudian taburi dengan telur orak-arik atau telur mata sapi. Tak lupa sambal manis pedasnya melengkapi rasa makan mie encer.

4. Kerang Rebus

Sumber: (Instagram/@nikanasution)

Bersiaplah untuk menjaga kolesterol tetap terkendali ya , karena masakan Medan juga terkenal dengan masakan ikannya yang lezat. Lokasinya yang dekat dengan pantai membuat menu seafood menjadi salah satu favorit orang Medan. Kerang rebus biasanya disajikan dengan saus khusus dan digunakan sebagai makan malam. Banyak dijual di warung-warung yang terletak di jalan-jalan strategis kota. Meski hanya dijual di warung tenda, namun warung ketel selalu ramai pengunjung setiap malam.

5. Semur Medan

Sumber: (Foto: Shutterstock)

Menghadirkan Semur Medan ke meja makan rumah Anda adalah ide bagus di akhir pekan ini. Pastikan keluarga tercinta menikmati semur daging sapi spesial ini. Dia berteriak lagi, ternyata sangat mudah. Siapkan daging sapi dan goreng sedikit. Selanjutnya, kecokelatan bawang merah dan tambahkan tomat panggang. Kemudian tambahkan daging, cengkeh dan kayu manis. Bumbui sisanya dengan Kecap Manis, garam dan merica. Tuang santan sedikit demi sedikit dan masak hingga daging benar-benar tertutup kuah dan matang.

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *