Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

FOODTERPOPULER

Menyelami Kelezatan Galbi dan Samgyeopsal, Budaya BBQ Khas Korea

Korea Selatan tidak hanya terkenal dengan K-pop dan drama televisi yang mendunia, tetapi juga dengan masakan tradisional yang kaya akan rasa dan budaya. Salah satu hal yang paling mencolok adalah budaya makanan barbekyu Korea yang populer, yang dikenal dengan sebutan “galbi” dan “samgyeopsal”.

Budaya BBQ Korea bukan hanya tentang rasa makanan yang lezat, tetapi juga tentang pengalaman sosial yang mendalam. Mari kita telusuri lebih jauh tentang kelezatan dan keunikan dari budaya BBQ Korea ini.

1. Asal Usul Budaya BBQ Korea

Sumber Gambar : wordpress.com

Budaya BBQ Korea memiliki akar yang dalam dalam sejarah makanan tradisional Korea. Praktik memasak daging di atas bara api telah ada selama berabad-abad, tetapi konsep modern dari BBQ Korea muncul pada pertengahan abad ke-20. Masyarakat Korea mulai menggunakan panggangan terbuka untuk memanggang potongan daging, yang kemudian berkembang menjadi dua variasi terkenal: galbi dan samgyeopsal.

Baca Juga : 5 Makanan yang Terkenal di Sulawesi

2. Galbi: Kelezatan Ikan Panggang Korea

Sumber Gambar : ayobandung.com

Salah satu varian paling populer dari budaya BBQ Korea adalah “galbi” atau daging iga panggang. Daging ini biasanya dipotong tipis dan diasinkan dalam campuran kecap, bawang putih, dan rempah-rempah sebelum dimasak di atas panggangan. Hasilnya adalah daging yang lembut, manis, dan lezat dengan aroma khas kecap yang menggoda selera.

3. Samgyeopsal: Kelezatan Daging Perut Babi

Sumber Gambar : Boichi.com

Samgyeopsal adalah hidangan BBQ Korea lainnya yang sangat populer. Dalam bahasa Korea, Samgyeopsal bermakna sebagai potongan daging perut babi (pork belly). Ini terbuat dari potongan daging perut babi yang tebal dan lemak. Salah satu keunikan Samgyeopsal adalah kemampuannya untuk menggabungkan rasa daging yang gurih dengan rasa lemak yang lembut dan lezat. Daging ini sering dimakan dengan cara dibungkus dalam selembar daun selada bersama dengan saus, bawang putih, dan bahan pelengkap lainnya.

Baca Juga : Makanan Korea yang Kerap Muncul di Drama Korea dan Menggugah Selera

4. Lezatnya Budaya BBQ Korea

Sumber Gambar : ajudaily.com

Dalam dunia kuliner Korea, budaya BBQ memegang peranan istimewa sebagai simbol kebersamaan dan kenikmatan. Dari galbi yang manis hingga samgyeopsal yang berlemak, pengalaman BBQ Korea adalah perpaduan antara rasa, aroma, dan hubungan sosial yang unik. Ini adalah contoh bagaimana makanan dapat meleburkan tradisi dan modernitas sambil tetap mempertahankan esensi kelezatan dan warisan budaya yang kaya.

Budaya BBQ Korea adalah lebih dari sekadar pengalaman makan, ia adalah cara bagi orang untuk menghubungkan, berinteraksi, dan merayakan bersama. Galbi dan Samgyeopsal adalah dua contoh paling terkenal dari hidangan BBQ Korea yang menghadirkan cita rasa dan pengalaman yang unik bagi siapa pun yang mencobanya. Dari ritual memasak hingga kenikmatan bersama, budaya BBQ Korea terus mengundang orang dari seluruh dunia untuk menyelami kelezatan dan kehangatan tradisi makan yang unik ini.

Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *