Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

BERITATERPOPULER

5 Fakta Menarik Mengenai Anies Baswedan

Anies Baswedan adalah seorang politikus dan akademisi Indonesia yang telah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia adalah sosok yang menarik perhatian publik dengan berbagai kebijakan dan peranannya dalam dunia politik. Berikut adalah lima fakta menarik mengenai Anies Baswedan:

Latar Belakang Pendidikan yang Luar Biasa

Foto Anies Baswedan saat wisuda (sumber gambar : KBA News)

Anies Baswedan lahir pada 7 Mei 1969 di Kuningan, Jawa Barat. Dia memiliki latar belakang pendidikan yang luar biasa. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Hubungan Internasional. Kemudian, Anies melanjutkan pendidikannya di University of Maryland, Amerika Serikat, untuk mendapatkan gelar Master dalam bidang Kebijakan Pendidikan. Tak berhenti di situ, ia kemudian meraih gelar doktor di bidang Pendidikan Politik dari Northern Illinois University.

Baca Juga :
Profil Lengkap Komedian Raditya Dika “Dari Novelis Hingga Menjadi Sutradara”

Karir Akademis yang Gemilang

Foto lawas Anies Baswedan (sumber gambar : Brilio)

Sebelum terjun ke dunia politik, Anies Baswedan meniti karirnya sebagai seorang akademisi. Ia mengajar di beberapa perguruan tinggi ternama, termasuk Universitas Indonesia (UI) dan UGM. Selama karirnya sebagai akademisi, Anies juga aktif menulis dan menerbitkan berbagai buku serta makalah mengenai isu-isu sosial, politik, dan pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Foto Anies Baswedan saat menjadi Mendikbud (sumber gambar : Kompasiana)

Pada tahun 2014, Anies Baswedan dilantik sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh Presiden Joko Widodo. Sebagai menteri, Anies berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan meluncurkan berbagai program pendidikan yang inovatif. Salah satu programnya adalah Gerakan Literasi Nasional, yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia.

Terkenal dengan Indonesia Mengajar

Foto Anies Baswedan sedang berpidato (sumber gambar : PORTAL ISLAM)

Salah satu julukan yang diberikan untuk Anies adalah Indonesia Mengajar. Anies merupakan pendiri sekaligus Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar. Sudah banyak lulusan dari Indonesia Mengajar yang kemudian mengabdi untuk mengajar di berbagai pelosok negeri. Indonesia Mengajar didasari oleh salah satu janji kemerdekaan negara ini dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Banyak masyarakat di daerah yang belum dapat menikmati janji tersebut. Salah satu permasalahan terbesar pendidikan di daerah yakni distribusi guru yang tidak merata.

Hobi Mengendarai Vespa

Foto Anies Baswedan saat mengendari vespa (sumber gambar : Barisan)

Siapa sangka, ternyata sosok Anies hobi dalam mengendarai motor Vespa. Vespa adalah jenis motor yang saat ini terbilang langka. Sementara di zaman dahulu, vespa adalah jenis motor yang mewah. Vespa milik Anies adalah pemberian dari sosok ayahnya saat masih remaja. Meski sudah bertahun-tahun lamanya, vespa tersebut masih bisa digunakan dan terawat.

Itulah lima fakta menarik mengenai Anies Baswedan, seorang politikus dan akademisi Indonesia yang telah memiliki perjalanan karir yang mengesankan. Namun, perlu diingat bahwa selama di dunia politik, ia juga menghadapi kritik dan kontroversi atas berbagai kebijakan yang diambilnya.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *