Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

HEALTHTERPILIH

Ragam Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

Memiliki rambut hitam, panjang, dan tebal menjadi dambaan setiap orang, khususnya para wanita. Banyak cara dilakukan seseorang hanya untuk mendapatkan rambut indah sesuai keinginan. Apalagi rambut adalah mahkota bagi setiap manusia.

Maka tak heran apabila seseorang memiliki masalah dengan rambut, selalu berusaha mencari cara untuk mengatasinya. Misal yang memiliki masalah rambut tipis yang mengakibatkan kerontokan, seseorang bisa menghabiskan banyak biaya demi mendapatkan rambut indah, tebal dan, tidak rontok.

Cara memanjangkan rambut

Bagi Anda yang ingin cepat memanjangkan rambut, terutama dengan cara alami tanpa harus pergi ke salon, ikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Penuhi asupan gizi tubuh

Salah satu cara memanjangkan rambut yang paling mudah adalah memenuhi asupan gizi tubuh. Kekurangan asupan gizi meningkatkan risiko rambut rontok. Selain itu, ada pula beberapa zat gizi yang membantu merangsang pertumbuhan rambut. Itu sebabnya pola makan sehat dan bergizi penting juga untuk kesehatan rambut.

Baca Juga:
Tips Menghilangkan Bau Pada Sepatu

2. Gunakan minyak esensial rambut

Tahukah Anda bahwa memakai minyak esensial untuk rambut merupakan cara memanjangkan rambut dengan cepat? Salah satu minyak esensial yang bisa digunakan, yaitu minyak rosemary. Mengoleskan minyak rosemary untuk rambut bisa meningkatkan pertumbuhannya secara signifikan pada pasien kebotakan dalam kurun waktu 6 bulan.

3. Sering memijat kulit kepala

Saat keramas, ada hal yang tidak boleh dilewatkan, yaitu memijat kulit kepala. Langkah ini merupakan cara alami memanjangkan rambut. Pasalnya, memijat kulit kepala dapat memperlancar sirkulasi darah di bawah kulit kepala. Hal ini ternyata bisa memicu pertumbuhan rambut lebih cepat dan lebih tebal. Jadi, rambut pun lebih cepat panjang. Selain dapat menumbuhkan rambut, cara ini juga dapat membuat Anda lebih rileks dan kulit kepala pun lebih bersih.

Agar mendapatkan hasil optimal, direkomendasikan para ahli untuk memijat kepala secara rutin. Selain dapat membantu memanjangkan rambut, memijat kepala juga berfungsi meredakan stres akibat ketegangan.

4. Jangan Keramas Setiap Hari

Keramas adalah cara termudah untuk membersihkan dari segala kotoran dan minyak yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Namun, kebiasaan sering keramas justru bisa mengakibatkan masalah pada rambut. Rambut akan rentan rusak dan muncul efek buruk lainnya. Dikutip dari laman Byrdie, Kepala Ilmuwan di Evolis Professional sekaligus ahli biologi rambut dan trikologi Dominic Burg menjelaskan alasan tidak boleh keramas setiap hari.

Kulit kepala, menurut dia, ditutupi oleh miliaran bakteri baik, sekitar 1.000 spesies. Bakteri ini sangat membantu menjaga pH kulit dan mencegah mikroba jahat menjajah kulit. Menurutnya, jika sering keramas justru akan mengganggu mikrobioma itu dan memunculkan masalah lain pada rambut dan kulit kepala. Selain itu, Burg pun merekomendasikan idealnya keramas dua hingga tiga kali seminggu untuk membantu menghilangkan kelebihan sebum dan kotoran tanpa merusak rambut.

Baca Juga:
Prosesor “Raptor Lake” Intel Core Generasi ke-13

5. Pakai produk perawatan berbahan kafein

Selain pada kopi, kafein juga sudah mulai dijumpai pada berbagai macam produk perawatan rambut, seperti sampo. Bukan tanpa alasan, kafein ternyata bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Studi terbitan Giornale Italiano Di Dermatologia E Venereologia (2020) pemakaian sampo kafein selama 6 bulan membantu mengurangi rambut rontok pada pasien kebotakan alopesia androgenetik.

Kafein bisa menghambat hormon penyebab kerontokan, yaitu dihidrotestosteron. Kafein juga membantu memperpanjang durasi pertumbuhan rambut sehingga batang rambut terus bertambah panjang.

Ikuti:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *