Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

FOODHEALTHTERPOPULER

Pengganti Nasi, 6 Jenis Makanan Sumber Asupan Karbohidrat

Nasi adalah makanan kebutuhan sehari-hari sebagian besar masyarakat Indonesia yang mengandung karbohidrat sehingga dapat membuat berat badan bertambah.

Namun karbohidrat merupakan nutrisi yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh. Nasi adalah sumber karbohidrat utama di Indonesia yang bisa di dapat dari beberapa jenis makanan seperti buah-buahan, biji-bijian sampai sayur-sayuran.

Berikut adalah makanan yang dapat menjadi pengganti atau asupan sumber karbohidrat, Apa saja?

Makanan Pengganti Nasi

ilustrasi makanan pengganti nasi (foto:istimewa)

1. Kentang

Kentang dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus tanpa menggunakan minyak, dalam 100gram kentang mengandung 12,4 gram karbohidrat.

2. Ubi

Sama hal nya dengan kentang, Ubi dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus. Bisa ditambahan bahan pada ubi yaitu gula. Untuk 100gram ubi mengandung 20,1 gram karbohidrat dengan kalori sebesar 85 kkal.

3. Jagung

Selain jagung mengandung karbohidrat, kaya serat pada jagung dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi dan menjaga berat badan. Dalam 100gram jagung, terdapat 18,7 gram karbohidrat dan 86 kkal.

4. Brokoli

Dalam 100gram brokolo setara 6,64 gram karbohidrat dengan 34 kkal kalori. Walaupun karbohidrat yang lebih rendah dari nasi, brokoli juga mengandung protein dan vitamin c yang bisa memenuhi lebutuhan nutrisi dalam tubuh.

5. Kembang Kol

Memasak kembang kol cukup memotong bunganya dan diparut, lalu kukus selama 5 menit. Dalam 100gram kembang kol sendiri mengandung karbohidrat sebanyak 4,97 gram dengan total 25 kkal kalori.

Demikianlah beberapa asupan makanan alternatif pangganti nasi. Tubuh membutuhkan karbohidrat yang cukup untuk sehari-hari.

ikuti:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *