Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

HEALTHTERKINI

Bahaya! Berikut 5 Dampak Buruk Melewatkan Sarapan

Mungkin sebagian orang ada yang tidak bisa sarapan. Mereka cenderung makan pada siang hari. Meski melewatkan sarapan bisa berakibat buruk.

Siapa yang cenderung melewatkan sarapan? Bahkan, banyak dari mereka yang menganggap sarapan itu tidak penting. Selain itu, sebagian orang melewatkan sarapan karena tidak punya waktu dan tidak terbiasa sarapan. Mungkin mereka yang belum merasakan efek buruk dari melewatkan sarapan merasa biasa saja. Padahal, tahukah Anda bahwa sarapan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut lima dampak buruk melewatkan sarapan.

1.Otak Bekerja Lambat

(credit: freepik)

Sarapan sangat penting karena jika tidak dimakan akan mempengaruhi otak sehingga otak bekerja dengan lambat. Kebanyakan orang memulai pekerjaan produktif mereka di pagi hari. Namun jika Anda tidak terbiasa mengisi perut, otak Anda sulit untuk fokus. Sarapan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi pagi hari dan mendukung fungsi otak secara optimal. Oleh karena itu, jika Anda melewatkan sarapan pagi, berarti asupan otak terlambat bahkan mengganggu kerja seluruh tubuh.

2. Migrain

(credit: freepik)

Kadar gula yang rendah di pagi hari bisa memicu migrain. Ini karena tubuh melepaskan hormon tertentu untuk mengimbangi kadar gula yang rendah. Proses ini disebut hipoglikemia. Namun, terdapat efek samping yaitu peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba yang menyebabkan sakit kepala dan migrain.

Hipoglikemia adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kadar gula darah rendah. Melewatkan sarapan menyebabkan penurunan gula darah yang sangat besar. Ini dapat menyebabkan migrain dan sakit kepala.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur melewatkan sarapan lebih mungkin menderita sakit kepala dan migrain yang terus-menerus. Jadi, untuk menghindari efek samping yang mengganggu ini, pastikan Anda memulai hari dengan makanan sehat.

3. Penyakit Jantung Mengintai

(credit: freepik)

Bagi Anda yang suka sarapan dan makan siang sekaligus, hal ini juga harus dihindari. Pasalnya, jika Anda melewatkan sarapan, Anda akan dijangkiti penyakit jantung kronis.

Hal ini didukung oleh penelitian dari Harvard School of Public Health, yang menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan lebih mungkin mengalami masalah jantung. Selain itu, kebiasaan makan yang tidak teratur menyebabkan berbagai disfungsi organ.

4. Rambut Rontok 

(credit: freepik)

Salah satu risiko berbahaya utama dari melewatkan sarapan adalah dapat menyebabkan kerontokan rambut. Mengonsumsi makanan berprotein sangat rendah dapat merusak kadar keratin tubuh. Keratin adalah komponen penting yang memicu kerontokan rambut dan menghentikan pertumbuhan rambut.

Sarapan adalah waktu makan terpenting, yang memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan rambut. Jadi, makanlah sarapan yang sehat dan kaya protein setiap hari untuk mencegah kerontokan rambut.

5. Mood Berantakan

(credit: freepik)

Meski terdengar sepele, suasana hati yang galau bisa mengganggu aktivitas Anda. Ini karena Anda tidak sarapan, sehingga sulit mengontrol suasana hati.

Fakta lainnya adalah perut kosong sangat mempengaruhi emosi Anda, membuat Anda selalu ingin marah. Maka dari itu, untuk menciptakan suasana hati yang baik, mulailah membiasakan diri untuk sarapan, agar tidak merusak suasana hati dan tidak menghambat produktivitas Anda.

Itulah akibat buruk dari melewatkan sarapan. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menjadi pribadi yang lebih sehat.

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *