Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

FOODTERKINI

Resep Keripik Sanjai Balado yang Gurih dan Renyah

Keripik sanjai adalah cemilan atau penganan yang terbuat dari olahan singkong yang diparut tipis memanjang kemudian dibumbui dengan sedikit garam dan lado (cabe), sehingga banyak yang menyebutnya keripik balado.

Keripik ini bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke daerah Medan karena olahan keripik kentang pedas yang enak ini merupakan oleh-oleh khas Medan atau Sumatera Utara. Untuk jenis keripik sanjai sendiri sebenarnya ada tiga jenis yang berbeda, seperti ada yang hanya diberi garam (keripik sanjai biasa), ada yang berbalut gula merah (keripik sanjai saka) dan yang terakhir keripik yang dibumbui lado (balado). Semua ini super enak dan super renyah, membuatnya sempurna untuk oleh-oleh saat berkunjung ke daerah tersebut.

Daripada penasaran dengan bahan dan penyajian prosesnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bahan-bahan membuat keripik sanjai balado

  1. 500 grm ubi singkong, kupas dan parut tipis panjang
  2. 1 sdm garam halus
  3. Minyak secukupnya, untuk menggoreng

Bahan Bumbu lado

  1. 20 cabe merah, buang dulu bijinya
  2. 5 sdm gula pasir
  3. 5 siung bawang putih1 sdm cuka makan

Cara Membuat Keripik Sanjai Balado Asli Medan

  1. Bila singkong sudah diparut, silakan taburi dengan garam dapur terlebih dulu, aduk merata dan diamkan 10 menit
  2. Sekarang tinggal goreng singkong hingga matang, tapi jangan terlalu gosong cukup putih saja, angkat dan tiriskan
  3. Silakan anda ulek atau blender semua bahan bumbu lado sampai halus dan tercampur rata, jangan lupa untuk mencampur cuka juga
  4. Nah, bila sudah sekarang tumis bumbu tersebut sampai matang dan merah masak, angkat
  5. Sekarang anda tinggal masukan keripik singkong yang sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu lado, lalu aduk hingga tercampur rata
  6. Sekarang anda bisa menyimpannya dalam stoples atau kemasan lainnya, agar tidak mudah anyep.
  7. Keripik sanjai balado siap disajikan.

Cara membuat masakan Padang yang enak ini sangat mudah, coba buat sendiri di rumah, dengan bumbu yang sama tentunya, tapi takarannya terserah anda. Jika Anda membuat porsi besar, tambahkan bumbu yang Anda butuhkan saja.

Kuliner ini bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Rasanya ada yang tawar, dan pedas, tergantung pada apa yang Anda pilih. Jika perlu, Anda bisa membawa pulang segala macam.

Image Source : Kataindonesia

Jadi keripik ini dari Desa Manggis, Desa Manggis Gantiang, Jalan Bukittinggi yaitu Jalan Sanjai. Kebanyakan orang adalah pembuat keripik profesional, terutama keripik singkong, yang bahan bakunya sangat mudah ditemukan di sekitar.

Menurut sejarah, masyarakat Jalan Sanjai memproduksi keripik ini pada tahun 1970-an. Orang pertama yang menjualnya adalah nenek Amai Seram, Amai Malan dan Amai Terima. Tiga nenek berjualan keripik ini di Los Maninjau, pasar kelas atas di Kabupaten Bukittinggi. Seiring berjalannya waktu, makanan ringan ini semakin populer di kalangan penduduk setempat.

Kepopulerannya kemudian membuat masyarakat sekitar mengikutinya untuk mencari tambahan penghasilan dari hasil pertanian yang melimpah. Selain warga sekitar, juga diproduksi oleh warga wilayah Sanjai. Uniknya, nama Sanjai masih digunakan untuk label keripik ini. Karena itulah jajanan ini dikenal dengan nama karupuak singkong sanjai atau keripik sanjai.

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *