Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

TERKINIWISATA

Menjelajahi Keindahan Air Terjun Raja

Pulau Morotai tidak hanya diberkahi dengan keindahan pantai dan alam bawah laut. Banyak perjalanan Pulau Morotai yang indah dan seru untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Air Terjun Raja di Desa Raja di Kabupaten Morotai barat daya.

Keunikan air terjun Raja terletak pada 7 tingkat air terjunnya. Tingkatan ketujuh adalah air terjun yang menjadi daya tarik tersendiri. Ketinggian air terjun sekitar 50 meter dan sejumlah besar air jatuh bersamanya. Jadi bayangkan ketika Anda berada di depan air terjun, Anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat bagus.

Keunikan lain dari Air Terjun Raja adalah wisatawan dapat menginap tepat di air terjun ke-7 tanpa menyusuri sungai atau trekking. Jadi sesampainya di sana tinggal jalan kaki sedikit dan satunya lagi tepat berada di puncak Air Terjun Raja. Dan tentunya Anda bisa melihat pemandangan air terjun yang indah: burung hutan beterbangan dari pohon ke pohon, pepohonan yang lebat dan air yang indah jatuh dari air terjun.

Image Credit: Twitter.com @satu_empat_

Keindahan air terjun Raja yang masih sangat alami menambah kepopuleran destinasi wisata ini. Banyak wisatawan yang pergi ke Pulau Morotai di Maluku Utara untuk menemukan dan menikmati keindahan air terjun ini. Namun nama asli air terjun tersebut adalah air terjun Raja, namun banyak yang keliru menyebutnya sebagai air terjun Tajung Raja seperti di Sumatera.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Raja

Image Credit: Facebook.com @aljafripandanga.javes

Keunikan atau pesona air terjun ini terletak pada tujuh tingkat air terjunnya. Yang merupakan tingkat ketujuh dari air terjun yang begitu populer dan menjadi tujuan wisata utama ini, ketinggian air terjun sekitar 50 meter dan memiliki banyak air yang jatuh.

Airnya sendiri sangat jernih dan sejuk, membuat setiap orang betah menyaksikan setiap tetes air yang jatuh. Bayangkan berdiri di depan air terjun dengan pemandangan yang eksotis ini dan tentunya Anda langsung ingin terjun bermain dengan air yang jernih tersebut.

Daya tarik utama dari air terjun Raja ini tidak hanya tujuh tingkat air terjun. Namun keunikan lainnya adalah Anda bisa berhenti tepat di air terjun tingkat ketujuh tanpa perlu repot berjalan atau turun ke sungai terlebih dahulu.

Jadi ketika sudah sampai di titik wisata air terjun, Anda tinggal berjalan sedikit untuk menemukan air terjun tingkat ketujuh. Pemandangan air terjun yang indah dan disebelahnya dipenuhi pepohonan rimbun serta kicauan burung, langsung menyambut indera penglihatan Anda.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Air Terjun Raja

Image Credit: Facebook.com @tatan.rustandi

Air terjun ini berada di kawasan desa Raja di barat daya kabupaten Morotai. Untuk menuju tempat wisata lokal tersembunyi yang masih begitu alami ini, kamu harus ke Pulau Morotai terlebih dahulu. Pulau Morotai dapat dicapai melalui jalur darat, udara, dan laut yang masing-masing tentunya memiliki waktu yang berbeda.

Jika Anda melakukan perjalanan darat, Anda bisa menuju Pulau Morotai dari Ternate hingga Sofifi. Kemudian lanjut ke Tobelo lalu jalan kaki ke Morotai. Waktu yang diperlukan untuk perjalanan negara adalah sekitar 4 jam. Sementara itu, Anda bisa menggunakan kapal KM Geovan di jalur laut dengan biaya sekitar Rp. 160 ribu.

Siapapun yang datang ke tempat wisata Air Terjun Raja biasanya dikenakan biaya Rp. 20.000,- Namun tarif ini tentu saja dapat berubah sewaktu-waktu tergantung musim. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa standar harga juga dapat berubah ketika fasilitas yang ditawarkan di tempat wisata tersebut ditingkatkan.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Raja Morotai

Air Terjun Raja sebagai destinasi wisata alam juga bisa dilihat dari pelayanan yang ada di sini. Karena sejauh mata memandang, Anda hanya akan menemukan pemandangan alam yang benar-benar dapat diakses di alam tanpa sentuhan manusia. Mungkin hanya tempat parkirnya saja yang diperbaiki agar wisatawan bisa lebih leluasa memarkir kendaraannya.

Tidak ada layanan pendukung lainnya di wisata alam ini. Namun, manajemen berencana untuk melakukan perbaikan ke depannya, mengingat wisata alam ini merupakan salah satu wisata Morotai yang menjadi tulang punggung masyarakat setempat. Selain pelayanannya, destinasi ini juga layak untuk dikunjungi.

Nama air terjun ini mungkin kalah populer dibanding air terjun Tajung Raja di pulau Sumatera yang memiliki nama hampir sama. Tak heran jika banyak orang salah menyebut nama tempat wisata ini. Namun popularitas destinasi yang satu ini terus meningkat sedikit demi sedikit, karena wisatawan sudah mulai mengapresiasi keindahan dan kealamiannya.

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *