Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

HEALTHTERKINI

Begini Cara Diet 3 Hari Turun 5 Kg (Diet Militer) yang Mudah dan Cepat .

Diet 3 hari turun 5 kg bukan hal yang mustahil. Metode diet alami terbaru bernama 3-Day Military Diet disebut-sebut bisa membantu Anda menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam waktu kurang dari seminggu. Banyak artis Korea yang mengikuti diet ini untuk menjaga berat badan idealnya. Lalu bagaimana cara diet 3 hari turun 5 kg? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Diet 3 Hari Turun 5 Kg (Diet Militer)?

Foto Ilustrasi Diet 3 Hari Turun 5 Kg (Orami Photo Stock)

Military diet atau diet militer, adalah diet rendah karbohidrat dan rendah kalori yang membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Pendukung diet ini mengklaim kehilangan 5 hingga 15 kilogram per minggu. Juga dikenal sebagai “diet 3 hari”, diet ini terdiri dari tiga diet ketat diikuti empat hari.

Diet militer, juga dikenal sebagai diet tiga hari, dibagi menjadi dua fase per minggu Fase pertama, atau tiga hari pertama dalam seminggu, membutuhkan diet ketat sekitar 1.100 hingga 1.400 kalori per hari. Siklus mingguan berulang sampai Anda mencapai tujuan berat impian Anda. Diet militer sangat dianjurkan untuk pembatasan kalori dan kontrol porsi.

Program diet ketat ini juga mengklaim bahwa kombinasi jenis makanan tertentu dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Secara teori, penurunan berat badan ini disebabkan oleh defisit kalori. Saat membatasi kalori atau karbohidrat, cairan tubuh otomatis berkurang karena simpanan glikogen tubuh terkuras.

Seberapa Aman Diet 3 Hari Turun 5 Kg?

Sumber : Foto Ilustrasi Diet 3 Hari Turun 5 Kg (Orami Photo Stock)

Namun, diet 3 hari untuk menurunkan 5 kg relatif aman jika Anda sudah lama tidak melakukannya. Jika hal ini dilakukan dalam jangka panjang, dikhawatirkan akan menyebabkan kekurangan gizi pada tubuh dan memicu masalah kesehatan lainnya. Terus-menerus mengikuti diet ketat juga tidak membantu menurunkan berat badan secara efektif, sebaliknya berat badan menjadi “yo-yo”, yaitu mudah turun, tetapi bertambah dengan cepat. Tidak banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan keberhasilan diet militer.

Namun, military diet berpotensi membantu Anda menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Karena military diet ini membatasi masuknya kalori ke dalam tubuh. Namun, diet militer tidak membantu menurunkan berat badan, karena tidak didasarkan pada perubahan kebiasaan makan. Penurunan berat badan pada diet ini sebagian besar disebabkan oleh hilangnya air, bukan lemak, dari tubuh.

Ada juga risiko kenaikan berat badan setelah menghentikan diet militer. Diet militer akan membantu Anda menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Namun, diet 3 hari untuk menurunkan 5 kilogram bukanlah metode yang tepat untuk menurunkan berat badan secara berkelanjutan.

Cara Melakukan Diet 3 Hari Turun 3 Kg.

(Orami Photo Stock)

Makanan yang bisa dikonsumsi saat diet ini adalah makanan yang tinggi protein dan rendah lemak, karbohidrat dan kalori. Meski disebut military diet, sebenarnya cara diet ini tidak ada hubungannya dengan pola makan tentara.

Setelah mengikuti diet selama 3 hari, Anda dapat beristirahat dan makan dengan normal selama 4 hari berikutnya. Hanya pada masa istirahat ini masih dianjurkan untuk makan makanan sehat. Contoh makanan yang dapat dikonsumsi pada diet ini antara lain:

  1. Telur
  2. Roti
  3. Brokoli
  4. Apel
  5. Tuna
  6. Buncis
  7. Daging tanpa lemak
  8. Kopi hitam
  9. Keju cheddar
  10. Pisang

Sementara itu, ini jenis asupan yang perlu dihindari:

  1. Alkohol
  2. Tambahan susu atau krim ke dalam kopi
  3. Gula.

Menu Diet 3 Hari Turun 3 Kg.

Sumber: (Orami Photo Stock)

Jenis diet ini mengharuskan untuk makan 3 kali sehari tanpa snack atau makanan ringan. Di bawah ini adalah contoh menu yang bisa dijadikan referensi selama 3 hari pertama.

1. Hari Pertama

a. Sarapan

½ buah jeruk bali, sepotong roti panggang 2 sdm selai kacang, 1 cangkir kopi atau teh hijau tanpa gula.

b. Makan Siang

1 lembar roti panggang, ½ cangkir tuna kaleng (bisa diganti tahu atau daging ayam tanpa lemak), 1 cangkir kopi atau teh hijau tanpa gula.

c. Makan Malam

85 gram daging tanpa lemak (ayam, sapi, ikan salmon, tuna, kalkun, dan lainnya), 1 cangkir kacang rebus, ½ potong pisang yang tidak terlalu matang, 1 buah apel ukuran kecil, 1 cangkir es krim vanilla.

2. Hari Kedua

a. Sarapan

1 butir telur rebus, selembar roti panggang, ½ potong pisang yang belum terlalu matang.

b. Makan Siang

1 lembar keju cheddar, 1 butir telur rebus, 5 keping biskuit.

c. Makan Malam

2 buah sosis panggang, 1 cangkir brokoli rebus, ½ cangkir wortel rebus, ½ potong pisang yang belum terlalu matang, ½ cangkir es krim vanilla

3. Hari Ketiga

a. Sarapan

5 keping biskuit, setengah lembar keju cheddar, 1 buah apel ukuran kecil.

b. Makan Siang

1 butir telur rebus, 1 porsi roti panggang.

c. Makan Malam

1 cangkir tuna kaleng atau tumis tuna segar, ½ potong pisang yang belum terlalu matang, 1 cangkir es krim vanilla.

Makanan ringan tidak diperbolehkan selama tiga hari diet militer. Selain memperhatikan jenis makanan dan jumlah kalorinya, Anda juga perlu banyak minum air putih, minimal 3-4 liter sehari. Selama 4 hari ke depan, Anda dapat membentuk kebiasaan makan yang sehat. Namun, jauhi makanan berlemak, berkalori tinggi, dan yang banyak mengandung garam dan gula.

Konsumsi makanan tetap harus dibatasi agar tidak melebihi 1200 kkal (untuk wanita) atau 1500 kkal (untuk pria) per hari. Hal ini untuk menjaga agar berat badan tidak naik lagi. Anda bisa minum kopi atau teh asalkan tidak menambahkan pemanis, krim atau susu (walaupun stevia diperbolehkan).

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *