Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

TERPILIHWISATA

Pantai Klayar Pacitan Tiket & 5 Pesona

Letaknya yang persis bersebelahan dengan Samudera Hindia membuat kawasan pantai ini terkenal dengan ombaknya yang liar. Namun, jangan lewatkan keindahan pantainya. Seperti Pantai Klayar yang terletak di Pacitan, Jawa Timur. Hingga saat ini Pacitan dikenal dengan banyaknya tempat wisata pantai, salah satunya Klayar. Keindahannya bahkan tak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Ditambah pasir putih dan laut biru jernih memberikan kesan liburan yang tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan biaya untuk menikmati destinasi wisata yang indah ini. Karena tiket masuknya cukup murah dan sangat terjangkau. Hal yang sama berlaku untuk biaya parkir yang dibayarkan untuk semua kendaraan.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar
DewasaRp15.000
Anak-anakRp10.000

Jam Buka Pantai Klayar

Pengunjung dapat menikmati atraksi ini kapan saja. Karena buka setiap hari dan 24 jam. Namun tentunya pengunjung juga harus berhati-hati di ombak yang tinggi.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keindahan Pesona Pasir Putih Dan Laut Biru Di Pantai Klayar

Perpaduan birunya laut, pasir putih serta hijaunya jejeran pohon kelapa menjadikan pantai ini salah satu tempat favorit wisatawan. Foto: Gmap/MWID Tube

Begitu sampai di area pantai, pemandangan menakjubkan menanti Anda. Terutama pasir putih yang mengikuti setiap langkah Anda. Cara membelai telapak kaki dengan lembut dan menyenangkan.

Selain itu, semilir angin sepoi-sepoi membawa serta aroma khas pantai yang begitu menenangkan. Seiring deru ombak yang menyapa bibir pantai dengan sapuan airnya. Akhirnya warna biru menyatu menjadi satu dengan putihnya pasir.

Pantai Klayar terlihat semakin eksotis karena pepohonan khas pantai di sisinya. Juga dengan bebatuan yang berdiri tegak siap menjadi penahan gelombang raksasa. Perpaduan laut, pasir putih, pepohonan dan bebatuan menciptakan panorama yang sempurna.

Batu Karang Sphinx

Batu Karang yang mirip dengan Patung Sphinx. Foto: Gmap/Bangkit Setyo

Terdapat bebatuan yang tersebar di pantai Klayar. Terumbu karang berukuran besar, sehingga mampu memecah ombak yang datang ke pantai. Karang ini juga terlihat sangat kokoh saat berdiri di atas warna batu khas pantai. Selain itu yang juga unik adalah disini terdapat sebuah batu besar yang memiliki bentuk yang berbeda-beda. Bentuk batu ini terlihat seperti sphinx Mesir berbentuk singa. Ini hanya bedanya, wajah tidak berbentuk karena bentuknya alami.

Suling Paus Pantai Klayar

Deburan Ombak Besar. Foto: Gmap/Hudha ae Wakid

Tebing Pantai Klayar benar-benar unik. Berbeda dengan patung Sphinx, ada batu seruling paus lainnya. Batu ini tidak berbentuk ikan paus, melainkan batu biasa. Namun yang membuatnya unik adalah batu ini bisa menyemburkan air seperti ikan paus. Saat meludah, terdengar seperti peluit ikan paus. Itulah mengapa disebut “Suling Paus”. Meski percikan airnya berasal dari ombak yang menghantam lubang di bebatuan. Air masuk melalui lubang dan naik. Itu sebabnya air bisa mengalir seperti ikan paus dan mengeluarkan suara.

Bermain Di Pantai

Garis pantai yang panjang dan luas membuat pengunjung dapat dengan mudah bermain di pantai bahkan di sini ini juga tersedia permainan ATV. Foto: Google Maps/Alfany Perdani

Jika ingin menikmati pantai Klayar, banyak hal yang harus dilakukan. Meski begitu, pengunjung tidak bisa menyelam atau snorkeling di sini. Ini karena ombaknya sangat tinggi dan besar sehingga berbahaya. Pengunjung juga tidak diperbolehkan berenang di pantai. Karena ombak besar bisa menghanyutkan, bahkan menabrak karang. Olahraga air tidak banyak ditawarkan di pantai.

Matahari Terbit Dan Terbenam

Pantai adalah tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam. Pantai Klayar tidak berlaku jam buka, sehingga pengunjung bisa datang kapan saja. Pagi hari pengunjung bisa menuju objek wisata ini. Kami menunggu matahari terbit di ufuk timur, mengambil foto saat matahari mulai bersinar. Saat sore tiba, pengunjung melihat keindahan matahari kembali tidur. Inilah momen yang ditunggu-tunggu oleh para pemburu sunset dengan kamera siap sedia.

Penginapan Di Pantai Klayar Pacitan

Salah satu homestay yang berada di tepi pantai sangat cocok bagi yang ingin langsung merasakan suasana pantai. Foto: Google Maps/ bayu fajar

Wisatawan yang ingin menginap disini bisa menginap di pinggir pantai. Penginapan tipe hotel memang tidak banyak, tapi ada beberapa tipe homestay yang tersedia. Bahkan beberapa homestay berada tepat di pinggir pantai. Dibandingkan dengan harga penginapan di Pantai Klayar sendiri relatif terjangkau. Harga untuk homestay adalah Rp 200.000 – Rp 500.000. Sementara itu, akomodasi bergaya resor bisa berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp 2.000.000 per malam.

Rute Pantai Klayar

Tempat wisata pantai ini terletak kurang lebih 34 kilometer dari pusat kota Pacitan. Rute angkutan umum menuju pantai masih sulit. Jika Anda dari pusat kota Pacitan, Anda bisa naik shuttle menuju Pasar Punung atau Pasar Donorejo. Dari pasar ini, naik ojek. Jaraknya sekitar 20 kilometer.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi atau sewa dapat berkendara di Jalan Nasional dan Jl. Pringkuku. Di sepanjang jalur ini, Anda juga bisa singgah di tempat wisata lain seperti Goa Gong. Kondisi jalan menuju pantai relatif baik dan nyaman baik untuk mobil maupun sepeda motor.

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *