Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

HEALTHTERKINI

Upaya Agar Payudara Kencang dan tidak Kendur

Jakarta – Banyak wanita yang berharap payudara terus kencang hingga tua nanti. Bahkan terus berupaya agar payudara tetap kencang.

Namun, itu tampaknya hanya harapan semu semata. Layaknya kulit, payudara juga akan mengendur seiring bertambahnya usia.

Saat usia bertambah, ligamen Cooper yang merupakan jaringan ikat payudara yang membantu mempertahankan payudara mulai meregang. Lalu, payudara juga akan memiliki lebih banyak lemak ketimbang jaringan tisu seiring bertambah usia. Hal ini yang membuat payudara kendur setelah melewati usia 40-an seperti disampaikan kata salah satu anggota America Society of Plastic Surgeons, Anne Taylor.

“Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi payudara yang kendur. Seperti misalnya, melakukan olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, menjaga tubuh tetap terhidrasi, hingga menggunakan bra yang sesuai dengan ukuran payudara.”

Bagi wanita, memperhatikan kondisi payudara adalah hal normal yang perlu dilakukan secara rutin. Kebiasaan ini dilakukan untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada payudara. Salah satu hal yang mungkin mengganggu rasa percaya diri wanita adalah payudara yang kendur. 

Payudara yang kendur bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari pertambahan usia, menyusui, kurangnya berolahraga, hingga postur tubuh yang kurang baik. Nah, sebaiknya simak ulasan dalam artikel ini untuk mengetahui berbagai cara mengatasi payudara kendur. Kamu pun bisa kembalu memiliki payudara yang kencang dan sehat. 

Berikut lima serba-serbi tentang payudara kendur seperti mengutip Prevention

Baca Juga : Obat Termorex Sirup Masih Dinyatakan Aman Oleh BPOM

1.Menyusui Bukan Penyebab Payudara Mengendur

alodokter.com

Mitos bila ada yang menyebut menyusui bikin payudara kendur. Faktanya, studi di Aesthetic Surgery Journal pada 2008 menunjukkan menyusui bukanlah faktor risiko ptosis payudara (kata lain untuk kendur).

“Kehamilan jadi penyebab lebih besar payudara mengendur. Saat hamil payudara bertambah besar dan tetap membesar saat menyusui tapi kemudian perlahan-halan menyusut setelah selesai menyusui,” kata Mary Jane Minkin, MD, seorang profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale University School of Medicine.

“Penurunan berat badan dan pengempisan payudara bisa membuat payudara melorot.”

2.Olahraga yang Bantu Bikin Payudara Terlihat Kencang

Gambar: Freepik

Bukan hanya untuk menjaga keseluruhan kesehatan tubuh, olahraga juga bisa membantu kamu untuk menjaga kekencangan payudara atau mengatasi payudara kendur. Olahraga akan membuat otot yang terdapat di bawah jaringan payudara mengencang sehingga payudara menjadi lebih tinggi dan kencang.

Coba perbanyak untuk melakukan olahraga yang melibatkan bagian atas tubuh, seperti push upcobra pose, hingga menggunakan dumbell. Selain itu, kamu juga bisa berenang secara rutin agar payudara kembali kencang dan sehat.

3.Pakai Bra Tak Cegah Payudara Mengendur

(Shutterstock)

“Tidak ada data yang menunjukkan bahwa bra tertentu seperti bra push-up mencegah kendur, atau jenis bra tertentu dapat menyebabkan kendur,” kata Minkin.

Namun, pada saat berolahraga pastikan mengenakan sports bra. “Tarikan gravitasi yang konstan dan goncangan serta gerakan selama berlari dapat meregangkan jaringan payudara dan mungkin menyebabkan kendur,” kata Taylor.

Baca Juga : Obat Sirup Tercemar Etilen Glikol, Yang Mengandung Bahan Berbahaya Penyebab Gagal Ginjal

4. Gunakan Bra yang Sesuai dengan Ukuran Payudara

Kamu juga perlu memastikan ukuran bra yang sesuai dengan payudara. Bra memang tidak dapat mengencangkan payudara yang kendur, tetapi bra yang sesuai mampu menopang payudara dengan lebih baik.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi payudara yang kendur. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya pada kulit ketika melakukan aktivitas di luar ruangan untuk menjaga kesehatan kulit. 

5.Upaya Perlambat Payudara Mengendur

Mengendur itu pasti tapi ada upaya yang bisa dilakukan untuk memperlambatnya. Beberapa cara diantaranya tidak merokok dan menjaga berat badan ideal. Penelitian di Aesthetic Surgery Journal menemukan bahwa wanita dengan indeks massa tubuh yang tinggi dan merokok merupakan faktor risiko payudara kendur. Juga, hindari diet yo-yo.

“Jika seorang wanita berat badan bertambah banyak maka payudaranya akan meregang seperti kulit lainnya. Namun, jika dia kemudian kehilangan berat badan itu, maka bakal ada kulit yang mengendur. Maka dari itu selalu menjaga berat badan yang sehat kemungkinan akan membantu memperlambat payudara mengendur,” sebut Minkin.

Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *