Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

FOODTERKINI

Makanan Diet Penurunan Berat Badan yang Efektif

Menurunkan berat badan memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku diet. Salah satu faktor terpenting yang harus Anda perhatikan adalah makanan harian Anda. Padahal, pilihan makanan diet berperan penting dalam asupan kalori, yang memengaruhi berat badan Anda.

Olahraga saja tentu tidak cukup untuk menciptakan tubuh yang sehat dan ideal. Oleh karena itu, pastikan juga untuk mengontrol porsi dan jenis makanan yang Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena jenis makanan dan porsi harian yang sesuai memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama, mengurangi nafsu makan dan mengurangi kadar lemak tubuh.

Anda tidak perlu khawatir tentang memilih makanan harian Anda. Makan sehat bukan berarti Anda tersiksa oleh berbagai pilihan sayuran hijau. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba memvariasikan menu sesuai selera agar tetap nyaman tanpa harus konsisten dalam perjalanan makan sehat Anda. Selain mengonsumsi makanan hijau secara teratur, diet rendah kalori dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan lemak sehat. Berikut adalah pilihan makanan diet sehat untuk Anda coba.

1. Oatmeal

Sumber: pixabay

Makanan diet yang satu ini kerap menjadi pilihan favorit jutaan orang. Oatmeal memiliki lebih banyak protein dan serat, yang baik untuk sarapan setiap hari. Meski rasa aslinya ringan, Anda bisa mencoba memvariasikannya dengan isian buah yang berbeda seperti blueberry, stroberi, pisang, kiwi atau buah-buahan kering yang tersedia di pasaran. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sirup maple yang memiliki rasa manis namun rendah kalori sehingga aman bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Selain menggunakan isian buah, Anda bisa mencoba rasa asin yang berbeda dengan membuat menu oatmeal goreng pengganti nasi goreng. Penyajiannya pun cukup mudah, seperti nasi goreng pada umumnya, hanya penggunaan nasi diganti dengan oatmeal mentah. Anda bisa menyesuaikan bahan tambahan seperti telur, sosis, sayur dan lain sebagainya sesuai selera.

2. Buah Beri

Sumber: unsplash

Buah beri memiliki kandungan serat yang tinggi, yang berguna untuk menurunkan berat badan. Terutama blueberry, yang memiliki serat dan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Plus, buah beri juga lebih rendah gula daripada buah lainnya, jadi sangat cocok untuk camilan manis dan sehat atau hanya untuk pencuci mulut.

Buah beri sering digunakan sebagai isian pancake atau yogurt. Namun, buah beri bisa dibuat menjadi sereal buah. Tren ini sering dikenal dengan sebutan Nature’s Cereal. Cara membuatnya, Anda cukup menggabungkan air kelapa dengan buah beri. Kemudian Anda memakannya seperti biasa dengan sereal. Rasanya yang manis dan asam membuat menu sereal ini tetap nikmat meski sedang menjalani diet sehat.

3. Yogurt

Sumber: pixabay

Produk susu biasanya lebih tinggi proteinnya. Salah satunya menyangkut produk yogurt. Yogurt sendiri juga tinggi akan probiotik, sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi usus. Tak heran jika yogurt kerap menjadi pilihan menu makanan sehat untuk menurunkan berat badan.

Yoghurt terdiri dari dua macam, yaitu plain yogurt dan Greek yogurt. Meski sama-sama mengandung protein dan probiotik, greek yogurt memiliki kandungan protein dan asam yang lebih tinggi, yang membantu Anda kenyang lebih lama. Jika Anda mengalami penurunan berat badan akibat obesitas dan diabetes, sebaiknya hindari yogurt rendah lemak karena mengandung lebih banyak gula.

4. Salmon

Sumber: unsplash

Anda juga bisa memasukkan pilihan salmon ke dalam menu makan sehat Anda. Tugas ikan salmon sendiri adalah memaksimalkan metabolisme dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan asam lemak omega-3 juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan meredakan peradangan.

Salmon juga mengandung protein yang cukup, sehingga dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Umumnya, salmon sebagian besar disiapkan di atas panggangan Teflon anti lengket hanya dengan bumbu garam dan merica. Karena tekstur dan rasa ikan salmon memiliki aroma khas dan rasa yang nikmat.

5. Sayuran Hijau

sumber: Foto: Getty Images/iStockphoto

Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral. Brokoli mengandung vitamin A, C dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya. Brokoli adalah salah satu sayuran sehat yang bisa Anda makan setiap hari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik.

Kunci untuk menuai manfaat brokoli adalah memasaknya secukupnya agar vitaminnya tidak hilang. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengukus adalah cara terbaik untuk mempertahankan lebih banyak nutrisi dalam brokoli.

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *