Site icon Serbaid

VIRAL TikTok! Trend Mandi Lumpur Berbahaya

Beberapa waktu lalu di TikTok beredar video yang memperlihatkan aksi mandi lumpur. Aktivitas mandi lumpur dilakukan oleh beberapa orang sampai lansia.

Mandi lumpur dilakukan dengan merendam tubuh di bak semen dengan campuran air lumpur. Untuk menyiramkan lumpur ketubuh pembuat video, penonton live harus memberikan dengan satu koin. Mereka akan menyiramkan lumpur lebih banyak lagi tergantung dengan koin yang dikirimkan penonton live TikTok.

Dipaparkan oleh dokter spesialis kulit dari DNI SKin Center Dr. dr Darma, SpKK(K), FINSDV, FAADV, bahayanya tren mandi lumpur ini. Mandi dengan air kotor akan mengakibatkan kotaminasi mikroorganisme penyebab penyakit.

Air kotor juga bisa mengandung bahan kimia, limbah, logam berat dan bahan organik serta anorganik berupa material makhluk hidup seperti feses dan urine.

Baca Juga:
VIRAL! Trend Mixue Ice Cream Tea Di Indonesia

Namun, mambalurkan lumpur ke tubuh tidak selalu buruk untuk kesehatan. Beberapa pengobatan terkadang masih menggunakan lumpur sebagai medianya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi terapi mud-pack, balneoterapi, dan terapi spa dapat digunakan sebagai pengobatan osteoarthritis. Efek lainnya adalah bermanfaat mengurangi konsumsi obat antinyeri.

Akan tetapi, berbeda dengan mandi lumpur yang sendang tren di TikTok sekarang ini.

Ilustrasi mandi lumpur di TikTok (Dok. detik)

Bahaya Tren Mandi Lumpur

1. Kulit Keriput dan Terkelupas

Jika mandi lumpur ini dilakukan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kulit menjadi keriput. Kondisi ini juga dapat membuat kulit dibagian yagng sensitif akan terkelupas seperti pada bagian telapak tangan atau telapak kaki.

2. Gatal Menjadi Luka

Air dan lumpur yang kotor bisa memicu rasa gatal. Apabila kamu menggaruknya, maka akan menjadi luka yang mengakibatkan bakteri masuk kedalam kulit.

3. Infeksi Kulit

Kulit yang luka akan mangundang bakteri untuk menginfeksi jaringan kulit yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan hingga nyeri. Bahkan bisa sampai disertai benjolan berisi nanah.

Baca Juga:
VIRAL!, Kasus Wabah Penyakit Baru Usai Covid-19 Melandai

4. Eksim

Kulit yang sensitif biasanya akan menimbulkan readksi alergi dan eksim. Bila kulit terkena eksim akan menjadi kering bersisik, terasa sangat gatal dan sering disertai pembengkakan.

Cara mengatasi risiko bahaya tersebut, Segera mandi dengan air bersih dengan menggunakan sabun. Pastikan semua kotoran pada tubuh atau kulit bersih. Gunakan antiseptik pada luka dan segera berobat ke dokter untuk mencegah infeksi bertambah parah. Mengingat tren mandi lumpur sangat membahayakan kesehatan, tren ini harus disikapi dengan bijak.

Ikuti:

Exit mobile version