Site icon Serbaid

Makan Enak Tetap Sehat! Inilah Makanan Indonesia Rendah Kalori

Makanan khas Indonesia identik dengan bumbu rempah yang kuat dan tidak jarang mengandung banyak santan. Sehingga kamu mungkin berpikir bahwa makanan khas Indonesia tidak cocok dikonsumsi bagi yang sedang diet karena tinggi akan kalori.

Tapi, sebenarnya masih banyak kok makanan khas Indonesia yang berkalori rendah dan cocok untuk kamu konsumsi saat diet. Contohnya seperti beberapa daftar menu khas Indonesia berikut ini yang layak banget dicoba buat kamu para pejuang berat badan ideal. Walaupun kaya akan rasa, ternyata ada beberapa makanan Indonesia yang rendah kalori dan menyehatkan! Apa saja? 

1.Bakso

Bakso bisa lho dikonsumsi saat kamu sedang diet. Meskipun demikian, tidak semua bakso berkalori rendah ya guys, apalagi jika bakso tersebut di jual oleh pedagang kaki lima. Kebanyakan bakso itu justru memiliki kalori yang tinggi. Kamu harus memilih daging bakso agar tidak terlalu banyak mengandung lemak, contohnya seperti bakso dada ayam.

Dalam satu buah bakso ayam kira-kira mengandung sekitar 45 kalori, tapi makan baksonya jangan pake bihun ya agar kamu tidak kelebihan kalori.

2. Sayur SOP

Menu ini sih gak usah ditanyakan lagi ya guys. Makanan yang satu ini pastinya sering hadir di tengah keluarga Indonesia. Kamu bisa mencampur beberapa jenis sayur ke dalam sop masakanmu seperti wortel, kol dan kentang.

Cukup gunakan sedikit minyak untuk menumis bumbu sebelum mencampurkannya dengan air, kamu tetap bisa makan enak tanpa takut dengan jumlah kalori yang kamu konsumsi. Dalam satu mangkuk sayur sop kamu bisa mendapatkan sekitar 72 kalori.

Baca Juga:
Ini Rute Perubahan Terbaru KRL Jabodetabek Tahun 2022

3. Tumis tahu

Kandungan protein pada tahu serta beberapa campuran sayuran seperti taoge, brokoli dan paprika pastinya tidak akan membuat kamu harus buru-buru membakar kalori yang masuk.

Dalam satu porsi tumis tahu atau sekitar 300 gram mengandung sekitar 145 kalori dan tentunya kamu bisa share dengan keluarga di rumah.

4. Pepes tahu

Selain enak, membuat pepes tahu juga cukup gampang. Cukup dikukus atau dibakar, kamu sudah bisa menikmati menu khas Sunda yang satu ini. Bahan yang diperlukan juga tidak sulit dan yang pasti tidak membuat kalori menumpuk di tubuhmu.

Dalam satu bungkus pepes tahu, kira-kira mengandung sekitar 63-90 kalori. Tetapi juga tergantung seberapa besar bungkusan pepes tahunya ya guys.

5. Pepes ikan

Jenis-jenis ikan yang bisa diolah menjadi pepes cukup banyak dan tentunya bisa membantu program dietmu. Contohnya seperti ikan patin, teri dan ikan kembung.

Pepes ikan kembung bisa mengandung sekitar 166 kalori per 100 gram. Tidak terlalu besar bukan?

Ikuti:

Exit mobile version