Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

FOODTERPOPULER

Ketela Bajingan, Kuliner Unik Khas Temanggung

Kata ‘Bajingan’ secara umum adalah kata dengan makna yang sangat kasar. Biasanya, kata ini digunakan untuk mengumpat. Namun di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Bajingan adalah kuliner khas dan unik yang rasanya sangat enak dengan tekstur halus dan rasa yang manis.

Bahan dasar makanan dengan nama unik ini adalah singkong berkualitas yang dimasak dengan gula merah, santan kental dan daun pandan. Singkong bisa dijadikan bahan baku, namun tidak semua jenis singkong bisa digunakan sebagai bahan bakunya. Melainkan hanya singkong dengan tekstur lunak saja yang dikenal dengan sebutan mempur.

Baca Juga:
Cemilan Kekian Ayam, Bisa bikin stok Makan Dirumah

Hanya ketela pohon di area subur seperti sawah atau ladang dengan curah hujan cukup yang mampu menghasilkan bahan baku Bajingan berkualitas tinggi. Jika tidak beruntung, singkong yang didapat bisa bertekstur keras dan alot sehingga kurang cocok dijadikan bahan baku pembuatan Bajingan.

Bajingan dulu disajikan bagi para penarik gerobak tradisional di Temanggung. Terkait penamaan, bajingan ternyata diambil dari istilah sopir gerobak di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Hidangan singkong manis dan gurih ini dianggap identik makanan para sopir gerobak sapi tersebut.

Bajingan sebenarnya adalah kuliner unik Temanggung yang sangat sederhana, yaitu berupa singkong rebus dengan gula merah. Bajingan sangat nikmat jika disantap dalam keadaan hangat di pagi atau sore hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *