Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

FOODTERKINI

Cicipi Ragam Sajian Kuliner Khas Maluku Yang Menarik

serbaid – Ibukota Ambon terletak di perbatasan Laut Seram, Samudera Hindia, Laut Arafura, Papua dan Sulawesi. Dianugerahi sebagai Kota Musik Dunia UNESCO, Kota Ambon adalah salah satu tujuan wisata paling populer seperti Pantai Ora, Pulau Molana, Banda Neira dan Pulau Bair.

Jika dirunut sejarahnya, Maluku selain Aceh juga merupakan pusat perdagangan rempah-rempah dunia. Produk rempah Maluku yang paling utama adalah cengkeh dan pala. Bahkan, Maluku disebut juga sebagai “Kepulauan Rempah”. Inilah alasan utama mengapa cita rasa kuliner Maluku berbeda dengan khas rempah-rempah.

Selain itu, Maluku yang juga unik memiliki sagu sebagai makanan pokoknya menjadi sebagian besar kuliner khas Maluku. Berikut beberapa masakan khas Maluku yang wajib kamu coba karena rasanya yang enak dan unik!

Makanan Khas Maluku

1. Papeda

masakapahariini

Papeda merupakan makanan khas yang terdapat di Indonesia bagian timur, termasuk Maluku. Hidangan khas Maluku yang terbuat dari sagu dengan tekstur keras dan warna cerah ini sekilas terlihat seperti lem kertas.

Papeda merupakan makanan pokok pengganti nasi di Indonesia bagian timur. Papeda bisa dimakan dengan topping apa saja, tapi dengan ikan tongkol bumbu kunyit adalah makanan khas Maluku. Cara makan papeda adalah menggulung-gulung papeda menggunakan sumpit atau dua garpu khusus hingga bubur papeda melingkari sumpit atau garpu tersebut, lalu diletakkan di atas piring.

2. Gohu Ikan

Sumber gambar: Indonesia Kaya

Kalau Jepang punya sashimi, Maluku punya ikan gohu. Gohu-ikan adalah ikan tongkol atau tuna mentah yang diiris lalu dilumuri air jeruk nipis dan garam. Bumbu tambahannya adalah campuran bawang merah, cabai rawit dan daun kemangi. Rasa gohu dari ikan ini adalah asam manis segar. Hidangan khas Maluku ini bisa disantap dengan papeda, singkong atau pisang. Ikan gohu bisa ditemukan di hampir semua rumah makan di Maluku.

3. Kohu-Kohu

Sumber gambar: Tempo

Kalau di Jawa disebut urap, maka di Maluku disebut kohu-kohu. Berbeda dengan urapp, makanan khas Maluku ini merupakan campuran daun kemangi, kacang panjang, tauge yang masih mentah, diberi taburan kelapa parut, perasan jeruk nipis, irisan bawang dan cakalang asap cincang atau ikan teri atau tongkol. Bagi yang kurang menyukai makanan mentah, ada kohu-kohu versi lain yaitu kohu-kohu rebus.

4. Sambal Colo-Colo

www.masakapahariini.com

Sambal Ambon ini terkenal dengan rasanya yang merupakan perpaduan antara pedas, segar dan manis. Sambal ini terbuat dari cabai rawit hijau dan merah, tomat muda, dan bawang merah kupas, yang kemudian ditaburi garam dan air jeruk nipis tanpa dihaluskan.

Daun kemangi atau kenari mentah cincang juga bisa ditambahkan ke saus colo-colo ini. Di Maluku, ada dua versi sambal Colo-colo, yaitu dengan dan tanpa kecap. Biasanya melengkapi berbagai hidangan seafood dengan sambal.

Bagi yang sudah tidak sabar ingin mencoba pesona kuliner Indonesia Timur, Anda bisa datang langsung ke Maluku, baik itu Kota Ambon, Kota Ternate atau kota lainnya.

FOLLOW US

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *