Site icon Serbaid

Cara Agar Bermedia Sosial Yang Baik, Beriut Penjelasannya

sumber gambar : digitalbisa.id

Di era digital media sosial menempati posisi yang penting dalam kehidupan manusia. Perkembangan media sosial yang pesat menjadikan media ini bukan sekedar untuk mencari teman, tapi menjadi media yang multifungsi. Mulai dari sebagai media untuk berkolaborasi, bekerja sama, berkarya, berniaga, hingga berbagi rezeki.

Melalui media sosial seseorang dapat membagikan tulisan, foto, video, infografis, animasi, dan lain sebagainya.

sumber gambar : republika.co.id

Facebook, WhatsApp, Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, dan Snapchat, menjadi contoh dari beberapa media sosial yang sedang populer sekarang.

Namun, karena karakteristik media sosial yang bersifat terbuka dan masif, maka menjadikan media ini berada dalam dua sisi, yaitu positif dan negatif. Berada dalam sisi positif, manakala media sosial digunakan sebagaimana mestinya, misalnya digunakan sebagai media edukasi atau hiburan. Berada dalam sisi negatif, manakala media sosial tidak gunakan sebagaimana mestinya dan merugikan orang lain, seperti digunakan untuk menyebarkan hoaks, penipuan, pencurian data pribadi, ujaran kebencian, pornografi, dan berbagai tindak kejahatan lainnya.

Maka dari itu, dalam menggunakan media sosial ada adabnya, tidak boleh seenaknya dan semaunya. Diantara adab bermedia sosial yang harus dimiliki oleh setiap orang adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Massa Ojol Demo DPR Hari ini, Persiapan Pengamanan Dari Polisi

1. Menyampaikan Informasi Sesuai Fakta

sumber gambar : pelayananpublik.id

Dalam membagikan informasi di media sosial, kita perlu memperhatikan kebenaran dari informasi tersebut. Jangan sampai informasi yang tidak benar adanya justru kita sampaikan dan informasi yang sesuai fakta malah kita sembunyikan, apalagi hanya karena ingin viral.

2. Tidak Asal Berbagi Informasi

sumber gambar : amanat.id

Ketika menjumpai artikel yang menarik di media sosial, terkadang kita ingin membagikannya, hal ini tidak masalah manakala sudah membaca artikel tersebut. Jangan hanya karena judulnya menarik, lantas kita langsung membagikannya, padahal tidak tahu isinya. Oleh karena itu, baca dulu artikelnya, isinya tentang apa, kalau dirasa bermanfaat baru kemudian membagikannya, agar bermanfaat juga bagi orang lain.

3. Selalu Cek dan Ricek

sumber gambar : twitter.com

Media sosial menyajikan jutaan informasi yang dapat dibaca oleh para penggunanya, namun sayangnya tidak semua informasi yang ada di media sosial sesuai dengan fakta. Sehingga, kita harus selalu berhati-berhati dan mengecek kebenaran dari setiap informasi yang didapatkan melalui media sosial, khususnya yang bersifat subjektif dan provokatif, agar kita terbebas dari hoaks.

Baca Juga : Film G30S PKI Yang Berisikan Pengkhianatan

4. Berkomentar Yang Baik

sumber gambar : blogmashendra.com

Memberikan komentar pada postingan orang lain adalah salah cara untuk berinteraksi dalam media sosial. Namun, ketika berkomentar juga harus dengan cara yang bijak, yaitu menggunakan bahasa yang sopan, memilih emoji yang sesuai, dan bersifat membangun. Menyampaikan kritik boleh, tapi susunlah kalimatmu dengan baik, supaya tidak menyakiti perasaan orang lain.

5. Tidak Melakukan Ujaran Kebencian

sumber gambar : ekonomi.kompas.com

Meskipun kita bebas membagikan apa pun dalam media sosial, tapi kita tidak boleh memposting sesuatu yang memuat ujaran kebencian. Sebab, hal ini dapat memicu kegaduhan. Sehingga, postinglah sesuatu yang baik dan bermanfaat.

6. Menghargai Privasi Orang Lain

sumber gambar : harakah.id

Setiap orang pasti memiliki hal yang bersifat privat dan tidak ingin publik mengetahuinya. Oleh karena itu, hargailah privasi yang dimiliki orang lain, maka privasi kita juga akan terlindungi. Kalau kita tidak tahu masalah yang sedang dialami orang lain, sebaiknya tidak usah ikut campur di dalamnya.

7. Menghargai Hak Cipta

sumber gambar : kumparan.com

Membuat karya itu tidak mudah, butuh proses dan perjuangan untuk bisa menghasilkannya. Hargailah hak cipta karya orang lain, jangan membajaknya atau menggunakannya secara ilegal. Misal, kita mengambil video orang lain untuk kemudian dibagikan dalam akun media sosial yang dimiliki, maka kita harus mencantumkan sumbernya, kalau perlu minta izin kepada pemiliknya.

Baca Juga : Omong Kosong Pemerintah, Sudah Kantongi Identitas, Hacker Bjorka Bikin Postingan

8. Menggunakan Akun Asli

sumber gambar : maswarsito.com

Kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial dalam membuat akun, menjadikan seseorang bebas membuat akun sesuai yang diinginkan. Namun, sebagai pengguna yang budiman harus tetap menggunakan akun asli dengan identitas yang jelas, jangan malah memakai fake account (akun palsu). Mengingat, sekarang ini banyak sekali akun yang tidak jelas identitasnya berkeliaran di media sosial dan terkadang meresahkan.

Dengan memperhatikan beberapa adab bermedia sosial di atas, maka kita ikut berpartisipasi dalam menciptakan suasana media sosial yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi semua orang.

sumber gambar : digitalbisa.id

Ikuti

Exit mobile version