Site icon Serbaid

Cara Membuat Bibimbap Korea Sendiri di Rumah, Simpel dan Praktis

Apakah Anda menikmati menonton drama Korea atau Anda memiliki hobi kuliner? Salah satu masakan Korea yang wajib kamu tahu adalah bibimbap. Dengan bahan-bahan yang sederhana, bibimbap menjadi sajian yang mudah Anda siapkan di rumah. Selain makanan yang memadukan sayur dan daging ini dianggap bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Tertarik membuat bibimbap? Nah simak dulu penjelasan bibimbap dibawah ini.

Apa itu bibimbap?

Bibimbap (비빔밥) adalah nasi campur khas Korea yang terdiri dari campuran aneka sayuran dan daging. Disajikan dengan saus gochujang (고추장) atau saus pedas manis, bibimbap berasal dari kata Bibim yang artinya mengaduk dan bap artinya nasi. Ada banyak jenis bibimbap di Korea, tergantung topping, saus, dan daerah tempat pembuatan bibimbap. Berikut beberapa jenis bibimbap yang perlu Anda ketahui:

Selain beberapa jenis bibimbap di atas, ada satu bibimbap yang paling terkenal, yaitu bibimbap Jeonju. Jenis bibimbap ini menggunakan setidaknya 30 topping, sehingga sulit untuk disajikan. Konon, masih banyak jenis bibimbap buatan sendiri yang bisa disiapkan dengan mudah. Anda bahkan dapat menemukan beberapa bahan umum yang biasanya tersedia di kulkas rumah Anda.

Kandungan dalam bibimbap

sumber : yoona

Nasi campur khas Korea ini biasanya terdiri dari daging, sayuran, dan telur goreng. Entah itu campuran kacang-kacangan, bayam, timun, jamur atau wortel, bibimbap konon dikemas dengan serat dan vitamin.

Sayangnya, karena bibimbap menggunakan nasi, makanan ini juga dianggap tinggi karbohidrat. Oleh karena itu, beberapa mungkin mengganti beras merah dengan nasi putih. Bibimbap juga terdiri dari daging dan saus gochujang, kadang ditambah sedikit gula dan minyak wijen. Alhasil, nasi campur ini mengandung lemak, gula, dan kolesterol.

Ngomong-ngomong soal apa yang ada di bibimbap, mereka yang memperhatikan berat badan mungkin tertarik dengan hitungan kalori bibimbap. Berikutnya adalah hitungan kalori bibimbap.

Kalori bibimbap

Satu porsi bibimbap yang terdiri dari sayur campur dan irisan daging diperkirakan mengandung sekitar 634 hingga 710 kalori. Kalori tersebut terbagi dalam tiga kategori, yaitu lemak 28-46%, karbohidrat 53-56%, dan protein 12-15%. Jika ingin mengetahui dan memastikan isinya secara detail, berikut uraiannya:

Selain itu, bibimbap juga memberikan beberapa nutrisi seperti vitamin A sebesar 169 mikrogram atau sekitar 209%, vitamin C 8,7 mg atau 45%, kalsium 78 mg atau 10% zat besi sekitar 2,97 mg. Lalu apa saja manfaat dari makan nasi korea ini?

Manfaat makan bibimbap untuk kesehatan

Bibimbap termasuk dalam kategori makanan diet tinggi kalori. Pada dosis yang dianggap cukup tinggi, seseorang merasa kenyang lebih lama. Di sisi lain, bibimbap mengandung banyak sayuran hijau dalam parutan rumput laut yang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun kandungan daging pada bibimbang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Jadi, jika Anda menggunakan daging sebagai bahan pembuatan bibimbap, pilihlah daging tanpa lemak. Meski masih tinggi kalori, menambahkan sayuran ke dalam campuran dan menggunakan daging tanpa lemak bisa mengurangi lemak dan karbohidrat.

Terakhir, ingatlah bahwa bibimbap terdiri dari telur dan sayuran mulai dari wortel hingga bayam. Sayuran yang diperkaya telur menyediakan banyak nutrisi, protein, kalsium, dan potasium. Selain untuk mendukung penurunan berat badan, kandungan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara membuat bibimbap yang sehat

sumber : kompas

Intinya, bibimbap adalah hidangan sederhana dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan disiapkan. Meski terdengar rumit, bahan dasar pembuatan bibimbap bisa Anda temukan di kulkas Anda. Selain mencampurkan bahan ke dalam saus gochujang, berikut cara membuat bibimbap sehat:

Jika sudah siap, Anda bisa menyajikan isiannya dengan nasi panas. Letakkan topping dengan baik di atas nasi dan bibimbap siap disantap! Agar bibimbap semakin sehat, Anda harus mencoba beberapa tips makan bibimbap. Simak tipsnya di bawah ini.

IKUTI

Exit mobile version