Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

TERPOPULERWISATA

Indahnya Pesona Air Terjun Situmurun Yang Langsung Berlabuh Ke Danau Toba

Air terjun ini dikenal unik karena airnya langsung turun dan mengalir ke Danau Toba. Danau Toba memang menjadi ikon wisata yang sangat populer di Sumatra Utara. Danau ini merupakan destinasi wisata alam yang menjadi favorit bagi wisatawan yang datang ke daerah ini, baik lokal maupun mancanegara.

Selain terkenal akan keindahan danaunya, kawasan Danau Toba juga memiliki pesona lain, yaitu pulau-pulau dan air terjun yang ada di sekeliling kawasan ini. Terletak di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Jalu, Kabupaten Toba Samosir, air terjun situmurun menyajikan pemandangan berbeda.

Air terjun dengan tujuh tingkat itu semakin memesona karena meluncur dari ketinggian 70 meter. Aliran air terjun pada biasanya berasal berasal dari air sungai maupun anak sungai yang mengalir berasal dari tempat tinggi. Namun, tidak sama bersama dengan Air Terjun Situmurun yang mengalir segera ke Danau Toba. Pesonanya dapat dinikmati berasal dari atas kapal maupun berenang langsung di lebih kurang aliran.

(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi, Air Terjun Situmurun)

Dilansir dari merahputih, Air Terjun Situmurun dikenal juga dengan nama Air Terjun Binangalom. Nama tersebut diambil dari dua kata bahasa Batak, yakni ‘binaga’ yang artinya sungai dan ‘lum’ atau ‘lom’ yang artinya air penyejuk. Selain itu, air terjun ini dikenal dengan sebutan Binangalom karena airnya memang berasal dari sungai yang ada di Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu. Air Terjun Situmurun begitu istimewa. Tingginya saja mencapai 70 meter bersama dengan 7 tingkatan. Tak heran bila pesonanya sebabkan pelancong sudi menempuh perjalanan jauh. Air terjun Binangalom ini berjarak tidak cukup lebih 70 kilometer dari Kota Balige.

Baca Juga : Candi Borobudur, Destinasi Wisata Sejarah Indonesia

Air Terjun Situmurun ini terkenal karena keunikannya, di mana airnya mengalir langsung ke Danau Toba. Air terjun ini mirip dengan air terjun yang ada di Pulau Mursala yang airnya jatuh ke laut. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 70 meter dengan debit air yang cukup deras. Menariknya, air di sana bukan sisa irigasi melainkan langsung dari sungai yang membuat air terjun ini sangat sejuk.

Pemandangan di sekitar air terjun ini akan membuat wisatawan yang datang takjub akan keindahannya. Hamparan Danau Toba yang sangat luas dan alam yang masih asri, membuat siapa saja yang datang ke air terjun ini tidak akan bosan. Wisatawan bisa menghabiskan waktu di sini dengan berenang dan bersantai sambil mengabadikan momen.

(Sumber: hetanews.com ©2020 Merdeka.com)

Akses menuju ke area ini hanya melalui jalur transportasi air. Untuk ke area ini terhitung kebanyakan dengan menyewa kapal yang harganya terasa berasal dari Rp. 1.000.000,- hingga 2.500.000 tergantung kapasitas dan besar kecilnya kapal tersebut. Namun kapal selanjutnya telah mampu mengangkut penumpang kira-kira 50 sampai 100 orang. Jadi disarankan kalian berkunjung ke tempat ini bersama rombongan agar biaya merasa ringan.

Di Air Terjun Situmurun atau Binangalom ini pengunjung dapat berenang di tempat ini. Airnya amat fresh namun terlalu disarankan supaya tidak terlampau dekat bersama area jatuhnya air terjun gara-gara biasanya di daerah tersebut putaran air terlalu kuat. Di tiap tiap kapal juga akan di sajikan pelampung untuk para penumpang menjadi jangan khawatir untuk keamanan.

Baca Juga : Benteng Marlborough, Saksi Sejarah Di Bengkulu

Selain itu, kalian dapat memancing ditempat ini bersama dengan membawa perlengkapan memancing dikarenakan di lokasi ini tidak disediakan sewa atau menjual beli alat memancing. Biasanya untuk ongkos masuk ke tempat ini, tidak wajib membayar retribusi lagi sebab sudah jadi tanggung jawab berasal dari awak kapal.

(Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi, Berfoto di Air Terjun Situmurun)

Air terjun Situmurun mengalir di sebuah tebing di sisi Danau Toba, dimana di sekitar tebing terdapat banyak pohon-pohon rindang yang membuat pemandangan semakin hijau dan enak dipandang mata. Jika lo mau berenang di bawah air terjun ini, disarankan untuk nggak terlalu dekat dengan lokasi jatuhnya air, karena air yang mengalir cukup deras dari hulu dan pusaran airnya pun cukup kuat. Karena air terjun ini jatuh langsung ke Danau Toba yang cukup dalam, wisatawan yang berenang pun direkomendasikan untuk menggunakan pelampung supaya tetap aman.

Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *