Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

SPORTS

Olahraga Squash, Tennis Indoor Tanpa Meja

Olahraga squash adalah olahraga permainan raket dalam ruangan yang dimainkan oleh dua atau empat pemain menggunakan bola karet kecil berlubang. Squash membutuhkan gerakan yang cepat sehingga baik untuk latihan kardiovaskular.

Secara sederhana, permainan squash dapat digambarkan mirip dengan permaianan tenis, namun tidak seperti permainan tenis yang mengharuskan dua pemain saling beradu memukul bola tenis, pemain. Squash adalah olahraga cepat yang menuntut kemampuan, kecepatan, dan kondisi tubuh yang prima. Olahraga ini membutuhkan ketangkasan kaki dan lengan pemain.

Olahraga permainan ini bisa dilakukan pada usia berapa pun, mudah dipelajari, dan peralatannya dapat dimodifikasi agar sesuai dengan setiap ukuran tubuh serta tingkat keahlian. Squash dapat dimainkan sebagai hobi atau sebagai olahraga yang kompetitif.

Baca Juga : Liga Bola Basket Indonesia, Antusias Bakal Rambah Metaverse

Aturan main olahraga squash

Sumber: Google Image

Pemain squash harus berdiri di belakang garis tengah lapangan dan meletakan satu kakinya di dalam service box. Bola harus dipukul ke arah tembok, tepatnya di antara garis servis dan garis batas luar, hingga terpantul lagi ke belakang garis tengah lapangan sisi lawan. Kedua pemain bisa melakukan rally panjang, dengan syarat bola hanya boleh menyentuh lantai satu kali sebelum tembakan berikutnya. Namun bola boleh menyentuh dinding sebanyak mungkin. Sebuah rally dianggap berakhir jika salah satu pemain gagal memukul bola sebelum melambung dua kali, membiarkan bola

Olahraga ini biasanya dilakukan di dalam ruangan, di arena khusus squash. Olahraga ini dimainkan di lapangan 10 x 6 meter yang dibatasi empat dinding setinggi kira-kira 5-6 meter. Alat yang dibutuhkan hanyalah raket dan bola yang khusus untuk permainan squash. Dalam permainan tunggal, lapangan diisi dua pemain yang harus terus memantulkan bola ke dinding depan dan bola tak boleh memantul di lantai lebih dari satu kali.

Dalam permainan squash terdapat empat macam bola yang dapat di bedakan dengan titik yang berwarna yaitu : putih kuning, biru dan merah. Keempat warna tersebut mempunyai karakter kecepatan yang berbeda beda, titik kuning berarti kecepatan pantulan yang lambat, putih berarti sedikit lambat, dan merah agak cepat lalu biru artinya cepat.

Peralatan yang harus disiapkan sebelum olahraga squash

Sebelum memulai pastikan Anda mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Raket, Anda dapat membeli raket atau menyewa di tempat squash. Raket yang lebih kecil tersedia untuk anan-anak.
  • Bola, jenis bola yang Anda gunakan paling baik ditentukan oleh level yang Anda mainkan. Bola yang besar direkomendasikan untuk pemula karena lebih banyak pantulan.
  • Pakaian, squash membutuhkan banyak gerakan, jadi gunakan pakaian ringan seperti t-shirt, celana pendek, atau rok. 
  • Lapangan squash, Anda dapat menyewa lapangan squash. Biayanya sesuai dengan kebijakan dari masing-masing tempat.

Baca Juga : Argentina Juara Piala Dunia 2022, 4 Rekor Lionel Messi

Manfaat melakukan olahraga squash

Dibandingkan olahraga lainnya, squash membutuhkan banyak energi. Beberapa manfaat olahraga ini di antaranya:

  • Membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah)
  • Meningkatkan kekuatan dan kebugaran
  • Membantu menjaga berat badan yang ideal 
  • Meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan punggung
  • Meningkatkan koordinasi yang baik, kelincahan, dan fleksibilitas
  • Membangun koordinasi tangan dan mata
  • Meningkatkan konsenstrasi kepercayaan diri
  • Meningkatkan keterampilan sosial
  • Melepas stres

Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *