Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

HEALTHTERKINI

8 Makanan Sehat yang Bantu Memperkuat Daya Tahan Tubuh

sumber image: (Shutterstock/Lubava)

Serbaid.com – Salah satu cara untuk memperkuat tubuh secara alami adalah melalui nutrisi yang tepat.

Seperti yang kita ketahui, tubuh membutuhkan asupan dan nutrisi agar memiliki persediaan yang cukup untuk melawan bakteri penyebab penyakit.

Beberapa makanan potensial menyehatkan karena mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral tertentu yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Simak beberapa saran makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Kaldu

sumber gambar : pexels

Menurut laporan Healthline, tidak apa-apa untuk mengonsumsi semua jenis kaldu, olahan daging sapi, atau makanan berkaldu ayam, termasuk sup ayam, selama flu. Selain menambah asupan cairan yang penting untuk menghidrasi tubuh saat masuk angin, makanan panas ini juga bisa meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Yogurt

sumber gambar : pexels

Yogurt adalah probiotik alami yang dikenal baik untuk kesehatan pencernaan. Ternyata, makanan ini juga bisa membantu meningkatkan stamina dan meredakan sakit tenggorokan.

Buah-buahan tinggi vitamin C

sumber gambar : pexels

Vitamin C adalah nutrisi penting yang membantu meningkatkan daya tahan bahkan selama flu. Beberapa sumber alami vitamin C terdapat pada buah-buahan seperti strawberry, tomat, jeruk, anggur dan blueberry.

Sayuran hijau

sumber gambar : pexels

Semua jenis sayuran hijau seperti brokoli, bayam, sawi, kangkung mengandung vitamin C, E dan antioksidan yang tinggi. Konsentrasi nutrisi ini penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan flu.

Oatmeal

sumber gambar : pexels

Oatmeal adalah salah satu makanan penangkal flu yang kurang dikenal. Padahal, makanan tersebut tinggi vitamin E dan antioksidan polifenol, serta serat beta-glukan, yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Buah kaya air

sumber gambar : pexels

Menurut Klinik Cleveland, tubuh juga membutuhkan banyak cairan untuk melawan flu. Anda bisa minum air putih yang banyak, wedang panas atau makan buah-buahan yang banyak mengandung air. Beberapa pilihan termasuk air kelapa, semangka, melon, melon, pepaya, atau jeruk, yang segar dan bergizi.

Bawang putih

sumber gambar : pexels

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk melawan flu. Mereka yang tidak tahan dengan rasa tajam dan pedas bisa makan makanan yang dibumbui dengan banyak bawang putih atau mencampurkan bawang putih yang dihancurkan dengan madu dalam minuman panas.

Rempah-rempah

sumber gambar : pexels

Jahe, kunyit atau merica membantu menghangatkan tubuh saat masuk angin. Selain itu, rempah ini juga ampuh sebagai imun booster. Anda bisa mengkonsumsi rempah-rempah baik sebagai makanan maupun sebagai bahan utama masakan yang Anda makan setiap hari.

IKUTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *